Back

SMK Unggulan NU Mojoagung dan ITN Malang Sepakati Kerjasama diberbagai Bidang

Rektor ITN Malang, Dr.Ir Kustamar, MT., (kanan) memberikan cendera mata kepada Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang, Zaenal Ma’arif SE.,S.Pd.,M.Pd, di Kampus 1 ITN Malang, Kamis (03/10/19). (Foto: Mita/humas)


Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menerima kunjungan dari SMK Unggulan NU Mojoagung, Kabupaten Jombang. Rombongan yang dipimpin oleh Zaenal Ma’arif SE.,S.Pd.,M.Pd Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung diterima langsung oleh Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT., di ruang pasca sarjana, kampus 1 ITN Malang.

Kunjungan pertama kali SMK Unggulan NU Mojoagung ke Kampus Biru adalah untuk menjalin kerjasama. Penandatanganan ‘Memorandum of Understanding’ (MoU) antara Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung dan Rektor ITN Malang disaksikan oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) serta jajarannya, Kamis (03/10/19).

Dekan FTI, Dr. Ellysa Nursanti, ST,MT, menyambut hangat kerjasama tersebut. Menurutnya, meskipun ITN Malang kampus teknik, namun tidak hanya membahas soal keteknikan, tapi juga ekonomi, manajemen, dan industri.

“Meskipun teknik, tapi kami juga membahas ekonomi, manajemen, dan industri. Jadi lebih luas cakupannya,” ujar Ellysa. Dengan begitu akan dapat memfasilitasi jurusan di SMK Unggulan NU Mojoagung di luar jurusan teknik.

 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung (kiri) dan Rektor ITN Malang (kanan). (Foto: Mita/humas)
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung (kiri) dan Rektor ITN Malang (kanan). (Foto: Mita/humas)

 

Ellysa menambahkan, laboratorium otomotif FTI yang bisa mengakomodir siswa SMK adalah laboratorium Program Studi D-4 terapan. Begitupun teknik sepeda motor bisa dengan Prodi D-4. Jurusan teknik mesin SMK bisa bertemu dengan Teknik Mesin ITN Malang, serta jurusan akutansi bisa dengan Teknik Industri.

“Laboratorium otomotif SMK, yang dekat ya dengan laboratorium D-4, negitu pula teknik sepeda motor. Semua bisa dikomunikasikan, sehingga kerjasama akan berjalan lancar,” kata Ellysa.

Secara teknik selanjutnya Kepala Program Studi SMK Unggulan NU Mojoagung akan berkoordinasi langsung dengan pihak ITN Malang. SMK Unggulan NU Mojoagung juga berencana mengembangkan laboratorium dengan belajar pengelolaan laboratorium kepada ITN Malang. Dengan begitu diharapkan siswa lebih intensif maju terkait pengembangan dan fungsi laboratorium.

Baca juga: Sosialisasikan Sarjana Terapan ITN Malang Gandeng SMK se-Banyuwangi

“Biasanya siswa saat masuk ke laboratorium, mengerjakan tugas dan lain-lain, tapi SOP (Standar Operasional Prosedur) laboratorium masih belum lancar. Jadi, nanti kami juga ingin belajar ke ITN Malang agar bisa kami terapkan di sekolah,” kata Zaenal Ma’arif SE.,S.Pd.,M.Pd Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung.

SMK Unggulan NU Mojoagung dan ITN Malang menyepakati kerjasama dalam bidang pengembangan SDM, penerapan teknologi tepat guna, pengembangan tenaga pengajar, narasumber, prakerin (praktek kerja industri), serta kunjungan lapang. (me/humas)

Baca juga: ITN Malang Miliki Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Berfasilitas Lengkap

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023