Ir. Ari Mukti, MT (kiri) dan Nurmaida Sirait, SH saat serah terima jabatan Rukun Ibu ITN Malang di Gedung Rukun Ibu ITN Malang, Senin (22/03/2021). (Foto: Mita/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Nurmaida Sirait, SH secara resmi menggantikan Ir. Ari Mukti, MT sebagai Ketua Rukun Ibu Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Serah terima jabatan (Sertijab) Rukun Ibu dilakukan seiring pergantian Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Prof Dr Eng Ir Abraham Lomi MSEE, menggantikan Prof Dr Ir Kustamar MT yang telah berpulang pada bulan yang lalu.

Dimasa akhir jabatannya Ari Mukti berpesan, kekompakan Rukun Ibu harus terus dipertahankan dengan menyatukan visi. Kedepannya siapapun ketuanya harus di support untuk kemajuan bersama. “Ketua Rukun Ibu harus di-support sehingga kegiatan Rukun Ibu bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai ketika sudah memiliki satu visi, ada anggota yang menyimpang dari visi tersebut, itu menghambat keberhasilan. Nah, untuk keberhasilan menuju ITN lebih baik dan jaya harus ada kebersamaan satu visi,” pesan Ari Mukti saat ditemui usai Sertijab di Gedung Rukun Ibu Kampus 1 ITN Malang, Senin (22/03/2021).

Ir. Ari Mukti, MT (tiga dari kiri) bersama pengurus Rukun Ibu ITN Malang menjelang acara sertijab. (Foto: Yuli/Humas Rukun Ibu ITN Malang)

Ir. Ari Mukti, MT (tiga dari kiri) bersama pengurus Rukun Ibu ITN Malang menjelang acara sertijab. (Foto: Yuli/Humas Rukun Ibu ITN Malang)

Di mata Ari Mukti, selama dua tahun kepemimpinannya Rukun Ibu ITN Malang sangatlah kompak. Ini terlihat disetiap kegiatan anggota Rukun Ibu selalu bersemangat. Peran ibu sebagai isteri pendamping suami tentunya sangat dibutuhkan untuk kesuksesan suami dan keberhasilan institusi.

“Peran ibu-ibu yang kami utamakan untuk keberhasilan ITN. Kegiatan ibu-ibu bisa berjalan dengan baik dan bapak-bapak bisa menjadi sukses itu tak lepas dari peran ibu (isteri). Saya perhatikan, dengan kesederhanaan dan rasa kebersamaan, Dari ibu, Oleh ibu, Untuk ibu betul-betul sesuai motonya “Rukun Ibu YES, Rukun dan Kompak OKE! ” cerita Direktur Teknik PDAM Kota Malang ini.

Sertijab Rukun Ibu ITN Malang tahun ini dilakukan dengan sederhana dan digelar di dalam kampus. Mengingat pandemi Covid-19 belum usai. Semua prosesi juga memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Ketua Rukun Ibu: Perempuan Indonesia Harus Optimis, Pantang Menyerah, dan Mandiri

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Nurmaida Sirait Ketua Rukun Ibu ITN Malang yang baru. Nurmaida akan mengemban tugas ketua Rukun Ibu periode 2021-2023 sesuai dengan periode Rektor ITN Malang. Nurmaida berharap Rukun Ibu ITN Malang ke depannya semakin sukses dan jaya. “Rukun Ibu selama ini kan sudah sukses. Harapan saya ke depannya mudah-mudahan lebih sukses lagi,” ujar Isteri Prof Lomi ini.

Dikatakan Nurmaida, ia siap melanjutkan program-program Rukun Ibu periode lalu yang belum terealisasi. Tidak sulit bagi Nurmaida beradaptasi dengan Rukun Ibu ITN Malang. Pasalnya ini merupakan kali ketiga Nurmaida mendampingi suaminya Prof Lomi menjabat Rektor ITN Malang, dari jabatan dua periode di tahun 2003-2007 dan 2007-2011.

Baca juga:  Prof Abraham Lomi Resmi jadi Rektor ITN Malang Teruskan Kepemimpinan Prof Kustamar

“Sebelum ini saya mendampingi Pak Abraham Lomi sudah dua periode (menjabat rektor). Jadi, saya tidak asing lagi terhadap anggota Rukun Ibu, mereka (anggota Rukun Ibu) juga tidak asing terhadap saya. Kami sudah saling kenal. Hanya saja  saat di kepemimpinan Ibu Kustamar dan retor-rektor sebelumnya saya tidak bisa aktif, karena saya juga bekerja. Dulu anggotanya sepertinya tidak sebanyak sekarang,” terangnya.

Dalam kepengurusannya Nurmaida akan meneruskan program kerja Ari Mukti. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada program-program baru dengan melihat kebutuhan anggota Rukun Ibu. “Sementara saya belum bisa untuk mengagendakan program baru. Saya masih harus mengadakan pertemuan dengan pengurus untuk mempelajari program-program apa saja yang belum dilaksanakan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada program baru di tahun 2021 sampai 2023 nanti. Itu yang akan saya bicarakan dengan tim,” tukas Nurmaida yang sekarang  menjabat Staf Kerjasama (Pengelola Informasi Kerjasama) di Universitas Malang. (me/Humas ITN Malang)

 171 total views,  3 views today

image_pdfimage_print