Kepala Prodi PWK ITN Malang Dr. Agung Witjaksono, ST MT, saat memberi sambutan pada penandatanganan perjanjian kerjasama PWK ITN Malang dengan PT ACA-Pacific Indonesia Sketchup Sub-ATC Regio Jawa Timur lewat sambungan Zoom meeting, Jumat (19/03/2021).


Malang, ITN.AC.ID – Sebagai bentuk komitmen meningkatkan kualitas dan kualifikasi tenaga perencana, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Naisonal (ITN) Malang melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT ACA-Pacific Indonesia Sketchup Sub-ATC Regio Jawa Timur pada Jumat (19/03/2021). Penandatangan dengan distributor dan Authorized Training Center (ATC) resmi software SketchUp di Indonesia ini dilaksanakan secara desk to desk lewat Zoom meeting.

Menurut Kepala Prodi PWK ITN Malang Dr. Agung Witjaksono, ST MT, kerjasama ini juga untuk menjawab amanat pemerintah dalam PP 21 Tahun 2021 pasal 59 mengenai Penyelenggaraan Penataan Ruang. Dimana penyelenggara urusan pemerintahan di bidang penanaman modal wajib mengintegrasikan RDTR kabupaten/kota dalam bentuk digital ke dalam sistem OSS.

Penandatanganan perjanjian kerjasama PWK ITN Malang dengan PT ACA-Pacific Indonesia Sketchup Sub-ATC Regio Jawa Timur secara desk to desk.

Penandatanganan perjanjian kerjasama PWK ITN Malang dengan PT ACA-Pacific Indonesia Sketchup Sub-ATC Regio Jawa Timur secara desk to desk.

“Ini termasuk dalam bentuk tiga dimensi (3D). Jadi kami memfasilitasi tenaga perencanaan agar memiliki kompetensi analisa berbasis 3G. Alasan inilah PWK ITN Malang menginisiasi perjanjian kerjasama dengan PT ACA Pacific. Kami memiliki komitmen yang sama dalam dunia pendidikan dan profesional,” kata Agung.

Dengan permodelan 3D yang diintegrasi dengan GIS (Geographic Information System) akan didapat kedalaman informasi dari pada secara analog. Perencanaan bisa menjadi lebih kontekstual, akurat, multidimensi dan efisien dalam analisa dan penyampaian hasilnya.

Baca juga: Susun Produk Tata Ruang, Dinas PUPR Mahakam Ulu Belajar ke PWK ITN Malang

Sementara itu Sekretaris Prodi PWK, Ardiyanto Maksimilianus, ST MSi mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut meliputi pembelian, pelatihan dan sertifikasi software SketchUp yang akan dilaksanakan oleh PWK ITN Malang. Kerjasama selama 5 tahun ini harapan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa, dosen, profesional dan kedinasan yang membutuhkan pelatihan analisa 3D. Apalagi sertifikat SketchUp bersifat internasional, berlaku secara internasional dan dapat menjadi daya jual lebih khususnya bagi mahasiswa perencanaan.

“PWK ITN Malang sebagai Authorized Training Center SketchUp Regio Jawa Timur juga membuka peluang pelatihan bagi mahasiswa, akademisi maupun profesional di bidang non-perencanaan yang membutuhkan pelatihan dan sertifikasi SkethUp. Pelatihan yang diberikan tetap berbasis pada standar dan kurikulum yang telah diverifikasi oleh tim internal SketchUp dan wajib diikuti oleh ATC di seluruh dunia,” jelas Ardi.

Baca juga:  Ruang Dapur Poncokusumo Bawa Dosen Arsitek Lolos Disertasi

Materi-materi yang akan diajarkan meliputi pengenalan software dasar, proses dan analisa tiga dimensi hingga menghasilkan desain dan dokumentasi yang baik.

“Kerjasama dengan PT ACA-Pacific harapannya dapat meningkatkan kualitas dan kualifikasi mahasiswa maupun profesional. Dengan begitu PWK ITN menjadi yang pertama mengadopsi kurikulum pelatihan internasional berbasis software dalam pendidikannya dan aktivitas akademik di kampus,” pungkas Ardi. (me/Humas ITN Malang)

 103 total views,  2 views today

image_pdfimage_print