Back

Koordinator LLDIKTI Wilayah VII Jatim: ITN Malang Perguruan Tinggi yang Top Markotop

Koordinator LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr.Ir. Soeprapto, DEA saat memberikan sambutan pada Wisuda ke 63 Periode I ITN Malang Tahun 2020, di kampus 2 ITN Malang, Sabtu (14/03/2020). (Foto: Yanuar/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Lulus dari perguran tinggi swasta seperti Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang merupakan kebanggan tersendiri bagi 320 wisudawan. Apalagi Kampus Biru merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi bagus, tidak hanya di Jawa Timur namun juga di tingkat nasional. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Koordinator LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr.Ir. Soeprapto, DEA saat memberikan sambutan pada Wisuda ke 63 Periode I ITN Malang Tahun 2020, di kampus 2 ITN Malang.

“Anda (wisudawan) diluluskan dari perguruan tinggi yang top markotop di Jatim. Tak hanya itu, anda juga lulus dari perguruan tinggi yang bagus di Indonesia. Ini bukan hal yang sepele, karena ITN juga mengalahkan perguruan tinggi negeri. Maka, kalau ingin kuliah masuklah perguruan tinggi yang rangkingnya mengalahkan perguruan tinggi negeri. Seperti halnya ITN yang berhasil mengalahkan PTN,” puji Soeprapto, Sabtu (14/03/2020).

Dikatakan Soeprapto, dari 330 perguruan tinggi swasta di Jatim, ITN Malang menduduki rangking 16. Dari kelompok institut di Jatim dengan jumlah 20 institut ITN Malang berada di rangking dua besar. Sementara di Indonesia ada 3.486 perguruan tinggi swasta dan negeri, ITN Malang berada pada urutan ke 56.

“Kalau di Jatim rangking ITN kadang diurutan satu, kadang dua. Makanya, anda-anda (para wisudawan) merupakan bagian penting dari kemajuan ini. Terimakasih ITN Malang sudah meluluskan para wisudawan. Periode I ini saya dengar wisudawan yang lulus lebih cepat. Berarti anda akan mengabdi lebih cepat. Anda akan berkecimpung di masyarakat dan anda diandalkan,” imbuh dosen ITS ini.

 

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT foto bersama para wisudawan pada Wisuda ke 63 Periode I ITN Malang Tahun 2020. (Foto: Yanuar/humas)
Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT foto bersama para wisudawan pada Wisuda ke 63 Periode I ITN Malang Tahun 2020. (Foto: Yanuar/humas)

 

Peraih Academic Leader Award 2019 Kategori Kepala LLDIKTI ini berpesan kepada wisudawan ITN Malang untuk selalu mengasah diri dengan soft skill yang bagus. Untuk sukses 4C harus dimiliki oleh wisudawan. Yakni, critical thinking, creativity, communication, dan collaboration. Critical thinking dengan berfikir kritis, rasional tentang apa yang harus dilakukan. Creativity, kreatifitas berkaitan dengan inovasi dan gagasan. Communication, komunikasi harus dikuasai baik komunikasi oral (suara) maupun bahasa tulisan. Collaboration, manusia tidak akan sukses tanpa kolaborasi dengan yang lainnya. Di masyarakat ilmu seseorang tidak bisa sendiri dan mandiri perlu berkolaborasi dengan yang lain.

“Pesan saya, anda anggota masyarakat lulusan dari perguruan tinggi yang bagus. Anda sudah punya ilmu kompetensi tertentu, skill anda sudah bagus. Dengan IPK tertinggi 3.89 dalam era globalisasi, era revolusi industri 4.0, maka anda perlu terus mengasah diri dengan soft skill lebih bagus lagi. Memegang 4C insyallah anda akan berhasil,” tandasnya. (me/humas)

Baca juga: Ketua LLDIKTI Wilayah VII: ITN Malang Harus Bisa Kalahkan Perguruan Tinggi Negeri

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023