Back

Iva Roudhotul Rohmah Lulusan Terbaik Teknik Informatika, IPK3.94 Buat Game Petualang

Iva Roudhotul Rohmah lulusan terbaik Prodi Teknik Informatika S-1, FTI, ITN Malang pada wisuda ke-71 periode I, tahun 2024. (Foto: Aqil/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Bermain game menjadi kegiatan yang banyak digemari hampir semua kalangan, dan usia. Beragamnya jenis game memiliki banyak tujuan, seperti untuk hiburan, edukasi, mengubah industri permainan komputer, dengan menawarkan pengalaman game yang lebih interaktif seperti Pets Adventure.

Pets Adventure 2D Platformer adalah game sides-crolling di mana pemain memandu seekor kucing untuk mengumpulkan tiga bintang. Namun sayangnya, meskipun game ini sudah diunduh lebih dari 5000 kali, masih terdapat tantangan dalam hal respons musuh terhadap pemain dan variasi misi. Hal ini ditemukan oleh Iva Roudhotul Rohmah. Iva merupakan lulusan terbaik Prodi Teknik Informatika S-1, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) pada wisuda ke-71 tahun 2024. Memanfaatkan beasiswa KIP Kuliah Iva selesai studi dengan waktu 3,5 dengan IPK 3.94.

“Masih ada beberapa masalah dengan game tersebut. Saat pemain menyerang musuh, musuh tetap diam. Game ini juga belum memiliki misi, yang membuatnya tidak memuaskan pemain yang mencari tantangan. Agar permainan menjadi lebih menyenangkan, pemain harus berperilaku seperti manusia, melompat, jatuh, berlari, dan mati,” terang Iva.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Iva menggunakan engine unity membuat game petualangan “Adventure of Ruvy Fox” berbasis Android. Game ini memiliki kecerdasan FSM (Finite State Machine) untuk membuat perilaku cerdas untuk karakter pemain dan karakter musuh NPC (Non-Player Character).

Perancangan Adventure of Ruvy Fox merupakan sebuah game side-scrolling yang menampilkan petualangan rubah melawan monster untuk menjaga keseimbangan alam. Terdiri dari tiga level dan dimainkan oleh satu pemain dan bersifat online. Ia menuangkan idenya dalam judul skripsi “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game 2d “Adventure of Ruvy Fox” Berbasis Android”.

Diceritakan Iva, game “Adventure of Ruvy Fox” menampilkan petualangan seekor rubah yang berusaha mempertahankan keseimbangan alam dengan melawan makhluk-makhluk yang merusak lingkungan. Game ini sangat menarik karena animasinya. Termasuk animasi saat karakter mengambil koin dan ceri, saat dia jatuh ke dalam air, dan saat dia menyundul peti.

Baca juga : Bingung Cari Pekerjaan, Pakai Aplikasi Getjob Aja

“Desain game sebelumnya kurang menarik, jadi saya menambahkan animasi agar game lebih menarik. Ada rintangan dan strategi untuk menyelesaikan tiap level rintangan yang ada. Targetnya untuk semua kalangan, dengan berusia 10 tahun ke atas,” katanya.

Ketertarikannya membuat game untuk skripsi berawal dari Iva yang suka terhadap bidang desain. Sementara di teknik informatika diharuskan bisa membuat coding. Untuk itu Iva memutuskan membuat game dengan coding dan desain animasi.

Uji game petualangan “Adventure of Ruvy Fox” berbasis Android terhadap anak SD. (Foto: istimewa)

“Membuat game untuk riset memerlukan waktu yang lama. Tapi saya ingin membuat skripsi hasil saya sendiri tanpa mengambil karakter dari luar. Maka saya desain sendiri game-nya. Paling lama saat proses mendesain, kalau untuk membuat game sendiri membutuhkan waktu sekitar 3 bulan,” tuturnya.

Hasil pengujian menyatakan tingkat keberhasilan 100% untuk seluruh aspek permainan, termasuk pemain, musuh seperti jamur, tikus, dan landak, serta kondisi musuh Dino. Fungsi FSM pada pemain dan musuh beroperasi sesuai dengan yang diinginkan dalam berbagai situasi.

Dara asal Kepanjen Malang ini telah melakukan uji kegunaan kepada 27 responden dengan rentang usia 10-15 tahun, dan 20 tahun. Dari uji kegunaan menunjukkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 68,79 dengan kategori “Ok” atau C. Menandakan bahwa game ini dianggap dapat digunakan dengan baik oleh pemain. Pengujian black box juga menunjukkan keberhasilan 100% untuk semua menu yang ada.

Pengembangan yang disarankan adalah menambah fitur multiplayer, animasi pada layar cutscene, dan pemanfaatan koin dalam permainan menjadi potensi tambahan yang dapat meningkatkan daya tarik dan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Kuliah dengan masa studi 3,5 tahun menjadi target Iva sejak awal. Sebagai penerima KIP Kuliah, beasiswa KIP menurutnya sangat membantu untuk biaya pendidikan dan makan. “Sebenarnya (3.5 tahun) untuk mengurangi biaya kos juga. Soalnya rumah saya di Kepanjen Malang, jika ke kampus pergi-pulang jaraknya jauh dan lelah. Kuliah inipun saya masih dibantu kakak,” ungkap putri pasangan Alkum Usnadi (alm), dan Titik Ni’ayah ini.

Untuk meringankan biaya kuliah Iva juga melaksanakan program magang di BuildWithAngga, merupakan penyedia jasa pembelajaran online website dan mobile development. Sambil magang di grafis desain ia mengambil skripsi. Dari sinilah akhirnya ia memutuskan mengambil skripsi tentang game.

Baca juga : Berbagi HATI, Berbagi Kebahagiaan dengan Penyandang Disabilitas

“Jadi skripsi saya mengambil game agar tidak pecah fokusnya (kerja dan skripsi). Saya membuat grafis desain untuk promosi kelasnya di media sosial. Alhamdulillah dapat uang saku, lembur juga dapat tambahan,” kata Iva yang magang mulai Juli 2023 lalu.

Dengan mengikuti magang Iva merasa mendapatkan pengalaman lebih sebagai bekal kelak ketika lulus kuliah. Magang ini ia kerjakan secara online jadi tidak mengganggu perkuliahan. “Hasil dari magang saya dikontrak satu tahun. Jadi sambil kerja saya juga bisa belajar terkait penerapan informatika untuk karir lebih baik,” pungkasnya. Selama kuliah Iva juga pernah lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Artificial Intelligence (PKM-AI) 2023. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023