Back

Pelita HMPWK Bersihkan Sungai Mewek, Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

Anggota Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) menebar benih ikan ke dalam sungai. (Foto: Istimewa)


 

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terlihat membersihkan Sungai Mewek, Kelurahan Tunjung Sekar, Kota Malang Minggu (5/5/19). Sampah-sampah yang mayoritas sampah plastik hasil buangam rumah tangga mereka temui di sepanjang aliran sungai. Tanpa canggung satu persatu dikumpulkan dan dimasukkan dalam trashbag. Para mahasiswa juga membersihkan aliran sungai sekunder yang masuk ke Sungai Mewek. Mereka sepertinya sudah fasih titik-titik mana saja yang paling banyak sampahnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) ini memang sudah beberapa kali mengunjungi Sungai Mewek untuk bersih-bersih. Aksi Peduli Lingkungan Kita (Pelita) ini untuk memperingati Hari Bumi yang juga diikuti oleh City Care Malang.

Muhammad Yafi Al-Ghifari, ketua pelaksana menyampaikan, selain kegiatan bersih sungai juga dilakukan penanaman pohon, serta pelepasan benih ikan. “Ada 30 tanaman pucuk merah yang kami tanam di sepanjang jalan setapak dekat sungai. Sedangkan benih ikannya kami lepas setelah sungai dibersihkan,” beber mahasiswa semester 6 ini.

Problem sampah plastik memang permasalahan klasik tiap kali mahasiswa bersih-bersih lingkungan. Padahal bila terjadi banjir dan membawa sampah, di daerah hilir ada kampung budaya dan situs Kendedes. Sedangkan di lokasi yang dibersihkan oleh mahasiswa sedianya akan dibangun tempat wisata.

 

Disepanjang Sungai Mewek banyak ditemukan sampah plastik, mulai dari kantong plastik sampai kemasan bekas botol dan gelas air mineral. (Foto: Istimewa)
Disepanjang Sungai Mewek banyak ditemukan sampah plastik, mulai dari kantong plastik sampai kemasan bekas botol dan gelas air mineral. (Foto: Istimewa)

 

Seperti yang disampaikan oleh Faozan Zamhari, humas HMPWK, bahwasanya Sungai Mewek lokasinya bagus dan cocok bila dibangun tempat wisata. “Masyarakat berkeinginan membangun taman di tempat itu (Sungai Mewek). Alamnya yang masih asri dan hijau serta ditambah gazebo pasti menarik untuk dikunjungi. Rencananya juga akan dilengkapi dengan flying fox,” Faozan melengkapi.

Rencananya HMPWK nanti akan ikut membantu mengembangkan tempat wisata bila diijinkan. Dengan adanya tempat wisata, maka warga tidak akan lagi membuang sampah di Sungai Mewek. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023