Back

Kunjungi Panti Asuhan, Himpunan Mahasiswa ITN Malang Kenalkan Arsitektur Lewat Mewarna

Anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang mewarnai bersama mahasiswa Arsitektur ITN Malang, pada Jumat, (17/3/2023). (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengunjungi Panti Asuhan Darul Jundi, Jl. Pemandian Tentara H159 Rampal, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang pada Jumat, (17/3/2023). HMA Nugaraha sebutan pengabdian masyarakat HMA ini mengangkat tema ‘Kreativitas’.

“Sebagai program tahunan memang berbeda-beda kegiatannya. Tahun ini kami bersilaturahmi ke panti asuhan. Berbagi dan membantu sesama. Sekaligus mengenalkan Himpunan Mahasiswa Arsitektur kepada adik-adik panti asuhan,” ujar Miftah Haula Nu’marul Haq, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat HMA saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Minggu, (19/3/2023).

Baca juga : Mahasiswa Teknik Sipil Berikan Donasi ke Panti Asuhan At Tawwabin

Jadwal kegiatan yang padat membuat HMA hanya mendelegasikan lima anggotanya ke panti asuhan. Kegiatan yang diusung pun relatif sederhana, namun membawa misi memperkenalkan aktivitas arsitektur kepada adik-adik panti asuhan.

“Kami bermain dan mewarnai bersama. Untuk kegiatan kali pertama ke panti ini kami memilih mewarnai. Karena mewarnai biasanya digemari oleh anak-anak, sehingga memudahkan kami melakukan pendekatan dengan adik-adik. Mewarna juga merupakan salah satu dasar dari jurusan kami, yaitu Arsitektur,” jelas Miftah.

Menurut mahasiswa semester 6 ini, kegiatan kunjungan ke panti selain mendekatkan diri kepada adik-adik panti, juga dimanfaatkan untuk saling mengenal antar angkatan. “Kegiatan ini diikuti mahasiswa arsitektur angkatan 2020, 2021, dan 2022. Dengan berkegiatan bersama harapannya dapat meningkatkan rasa solidaritas dan menghilangkan rasa canggung diantara kami,” imbuhnya.

Dengan telaten ke lima mahasiswa Arsitektur ITN Malang mendampingi dan mengajari anak-anak panti mewarna. Gambar yang diberi warna pun bermacam-macam. Ada gambar rumah di kartun Spongebob, gambar hutan, istana, dinosaurus, dan juga hewan.

Menurut Daaniyati Aziizah, salah satu anggota HMA, kertas gambar dan pensil warna yang digunakan untuk mewarnai merupakan sumbangan dari HMA. Selain pensil warna sumbangan lainnya berupa pulpen dan stiker yang merupakan titipan dari mahasiswa di luar anggota himpunan.

Baca juga : Mahasiswa Teknik Sipil Berikan Donasi ke Panti Asuhan At Tawwabin

“Kami juga memberi bingkisan, dan konsumsi buat adik-adik panti. Berupa makanan, dan snack. Alhamdulillah adik-adik panti semua suka terhibur,” kata Daaniyati. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023