Back

Bina Desa Mahasiswa Teknik Industri Berikan Edukasi PHBS, Menggambar, Hingga Game

Siswa SD Negeri Gajahrejo 1, Purwodadi, Pasuruan didampingi mahasiswa Teknik Industri ITN Malang memperlihatkan hasil mewarnai gambar. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Suasana SD Negeri Gajahrejo 1, berbeda dari biasanya. SD yang berada di Kecamatan Purwodadi, Pasuruan itu terlihat ramai dan bersemangat dengan hadirnya 28 mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) ITN Malang selama satu hari melakukan Bina Desa di SDN Gajahrejo 1 pada pertengahan Januari 2023 lalu.

Menurut Fegi Afrilga salah satu anggota HMTI ITN Malang, selama ini HMTI rutin melaksanakan bina desa. Tahun kemarin mereka juga melakukan Bina Desa di TK Miftahul Ulum, Desa Gajahrejo. Tahun ini mengangkat tema Hidup Bersih Sehat dan Gemar Membaca, bina desa sebagai implementasi tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mengingatkan para siswa akan pentingnya kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-sehari. Kami juga membagikan buku bacaan, dan poster-poster yang menarik untuk meningkatkan minat baca siswa,” jelas Fegi saat dihubungi lewat sambungan Whatsapp beberapa waktu lalu.

Baca juga : Nasi Bakar Mahasiswa ITN Malang Dua Jam Ludes di KMI Expo 2022

HMTI memberikan materi edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa SDN Gajahrejo 1. Mereka menularkan pengalaman perilaku bersih dan sehat sejak dini. Sehingga siswa dapat meningkatkan kualitas hidup sehari-hari dengan perilaku bersih dan sehat. Seperti mencuci tangan dengan sabun, membuang sampah pada tempatnya, mengkonsumsi makanan/jajanan sehat, olahraga teratur, dan lain sebagainya.

Selain memberikan edukasi PHBS, mahasiswa kampus teknik ini juga mengajak para siswa mewarnai gambar yang sebelumnya sudah disiapkan. Gambar yang paling menarik mendapatkan hadiah berupa peralatan menulis, seperti buku tulis, buku gambar, pensil, dan penghapus.

 

Mahasiswa Teknik Industri S-1 ITN Malang melakukan Bina Desa di SD Negeri Gajahrejo 1, Purwodadi, Pasuruan, pada Januari 2023 lalu. (Foto: Istimewa)

“Agar tidak bosan dan jenuh, kami juga mengadakan beberapa game seru. Seperti Simon Berkata, Kereta Api, Tebak Kata, dan game unik lainnya. Siswa yang paling aktif kami beri hadiah berupa makanan ringan, susu, dan roti,” lanjut mahasiswa asal Sumatera Barat ini.

Ditambahkan oleh Ivan Ardiansyah anggota HMTI lainnya, selain edukasi, menggambar, dan game, mahasiswa Kampus Biru juga memasang rak buku di beberapa kelas yang belum memiliki rak buku. Memasang label nama kelas di tiap kelas, dan memasang poster-poster menarik guna meningkatkan minat baca siswa.

Baca juga : SMK Ma’arif NU Ciamis dan SMA Nusantara Ciamis Mengenal Lebih Dekat Dunia Perkuliahan di ITN Malang

Kedatangan mahasiswa Teknik Industri ini mendapatkan sambutan baik dari para guru. Apalagi kegiatan mahasiswa membawa suasana baru bagi SDN Gajahrejo 1. Mahasiswa juga ringan tangan membantu guru dalam mengajar di kelas.

“Adik-adik juga sangat senang dengan adanya kegiatan kami. Selain mereka dapat pengetahuan baru mereka juga bergembira dengan permainan yang kami berikan. Apalagi saat berhasil mendapatkan hadiah,” kata mahasiswa asal Karangploso, Malang ini. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

    1 Comment

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023