Back

Upacara Hardiknas 2023, Rektor Pertegas Dukung Program Merdeka Belajar

Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST., MT., Ph.D, memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, baik akademik maupun non akademik. (Foto: Yanuar/humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bertabur penghargaan. Kurang lebih 80 mahasiswa dan 10 dosen pendamping mendapat penghargaan dari Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST., MT., Ph.D, pada Selasa 02 Mei 2023. Upacara bendera Hardiknas dihelat di Halaman Rektorat Kampus I ITN Malang, dan diikuti seluruh tenaga pendidik, dan kependidikan, serta mahasiswa berprestasi.

Rektor ITN Malang dalam kesempatan tersebut membacakan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Nadiem Makarim akrab disapa mengingatkan dengan diluncurkannya 24 episode Merdeka Belajar membawa bangsa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. “Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” kata rektor.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana pendanaan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya, sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Baca juga : Sarinande dan Ampar-ampar Pisang Pukau Juri, VCC ITN Malang Raih Gold Medal

“Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia. Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar. Mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” lanjutnya.

Ditemui usai upacara Hardiknas Rektor ITN Malang menambahkan, ITN Malang sangat mendukung program Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Kemendikbudristek. Prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa tidak hanya di bidang akademik, tapi juga non akademik. Baik dari bidang ilmu pengetahuan, olahraga, maupun seni.

ITN Malang melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. (Foto: Yanuar/humas ITN Malang)

“Kami tetap berkomitmen memberikan suatu pola pembelajaran yang terintegrasi. Tidak hanya di dalam kelas, tapi juga di lapangan. Tidak hanya ilmu pengetahuan, tapi juga membentuk karakter, meningkatkan kreatifitas serta talenta dari mahasiswa,” ujar rektor.

Untuk mendukung hal tersebut menurut rektor, institusi akan meningkatkan pembelajaran, fasilitas baik laboratorium, sarana dan prasarana sehingga mahasiswa semakin baik dalam melaksanakan proses belajar di ITN Malang.

Pemberian apresiasi kepada mahasiswa berprestasi ditanggapi positif oleh Vega Aditama ST., MT dosen pembina UKM “Vox Coeleistis Choir” (VCC) ITN Malang. Pada Hardiknas 2023, paduan suara ITN Malang mendapatkan penghargaan piagam dan uang tunai dari institusi. Penghargaan ini didapat berkat perolehan medali emas pada ajang kompetisi nasional paduan suara di Universitas Indonesia Jakarta beberapa waktu lalu.

“Bentuk penghargaan ini sangat berarti, karena akan memotivasi kami dan tim agar lebih baik lagi dalam mengukir prestasi baik di tingkat nasional bahkan internasional. Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Rektor yang terus mendukung kami dengan berbagai bentuk perhatian. Semoga ITN Malang semakin jaya dan semakin populer karena prestasi-prestasinya,” kata pembina PSM VCC sekaligus dosen Teknik Sipil S-1 ITN Malang ini.

Baca juga : Angkat Limbah Kemiri Sebagai Biodiesel Mahasiswa Teknik Kimia Raih Best Presentation

Begitu pula Veronica Putri Iswono, mahasiswa Teknik Kimia S-1 ITN Malang. Vero bersama timnya mendapatkan Best Presentation Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Eric Matriks 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Menurutnya pemberian penghargaan merupakan apresiasi institusi yang luar biasa kepada mahasiswa dan dosen yang berprestasi.

“Ini membuat kami menjadi lebih semangat lagi untuk berkompetisi diperlombakan selanjutnya. Jadi, buat teman-teman mahasiswa lainnya, ayo kita berkompetisi kembali di perlombaan yang ada baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Dan mari tunjukan bahwa kampus ITN Malang memiliki banyak sekali mahasiswa berprestasi, baik dibidang akademik maupun non-akademik,” ajak Vero. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023