Back

Terima SK Rektor, Rukun Ibu ITN Malang Periode 2023-2027 Siap Bekerja

Penyerahan SK Pengurus Rukun Ibu Periode 2023-2027 oleh Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST., MT., Ph.D kepada Ketua Rukun Ibu Ratih Cahyaratri Pribadi, SP., MP. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID Pengurus baru Rukun Ibu Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang siap bekerja, setelah menerima Surat Keputusan (SK) Pengurus Rukun Ibu ITN Malang Periode 2023-2027 oleh Ketua Rukun Ibu Ratih Cahyaratri Pribadi, SP., MP dari Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST., MT., Ph.D.

Usai menyerahkan SK Rukun Ibu ITN Malang rencananya institusi akan melepas kepengurusan Rukun Ibu periode 2019-2023, sekaligus akan melantik kepengurusan Rukun Ibu periode 2023-2027. Rencananya acara akan dilaksanakan pada akhir Mei 2023 yang dikemas dalam acara silaturahmi dan halalbihalal Rukun Ibu ITN Malang.

Ketua Rukun Ibu ITN Malang Ratih Cahyaratri Pribadi, SP., MP, menyatakan, dengan diterimanya SK kepengurusan baru, maka Rukun Ibu siap berkontribusi menyejahterakan anggota, serta berkarya demi kemajuan ITN Malang. Ratih juga mengingatkan kepada kepengurusan baru agar kelak bisa selalu menjalin komunikasi yang baik antara pengurus maupun anggota. Sehingga kedepannya, jika ada perbedaan pendapat bisa dibicarakan dan diselesaikan dengan baik.

“Kita adalah keluarga, maka mari kita ciptakan suasana Rukun Ibu menjadi suasana kekeluargaan, seperti keluarga. Para senior kita minta masukannya, anggota muda memberi kontribusi dan inisiatif demi kemajuan bersama,” ucapnya, di Ruang Rapat Pascasarjana, Kampus 1 ITN Malang, Senin (17/4/2023).

Ratih mengatakan, rencananya pada akhir Mei 2023 nanti akan ada event besar bagi Rukun Ibu ITN Malang. Yakni, acara melepas kepengurusan Rukun Ibu periode 2019-2023, dan menyambut kepengurusan baru 2023-2027. Wacananya juga akan dihelat peringatan Hari Kartini yang pada April 2023 kemarin tidak bisa diselenggarakan karena bertepatan dengan libur Idulfitri 1444 H.

“Ini merupakan event besar yang akan kita garap bersama-sama oleh rukun ibu kepengurusan baru. Dengan diterimanya SK, kami harap kita bisa lebih maksimal dalam merencanakan, dan melaksanakan event tersebut,” katanya.

Baca juga : Ratih Cahyaratri Pribadi Resmi Pimpin Rukun Ibu ITN Malang Empat Tahun Kedepan

Untuk itu diharapkan bagi semua pengurus bisa berkontribusi untuk mensukseskan acara tersebut dengan memberi masukan konsep acara yang sederhana namun meriah. “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menjadi Ketua Rukun Ibu ITN Malang. Mari kita bekerja bersama, untuk memberdayakan anggota dan mengukseskan setiap kegiatan Rukun Ibu,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Rektor ITN Malang menyatakan, selama ini Rukun Ibu banyak berkontribusi pada institusi. Baik anggota Rukun Ibu yang bekerja di ITN Malang, maupun anggota Rukun Ibu dalam mensupport para suami yang bekerja di ITN Malang. “Terima kasih kepada kepengurusan (Rukun Ibu) sebelumnya yang telah memberi sumbangsih kepada ITN Malang,” kata Awan mengawali sambutannya.

Pengurus Rukun Ibu ITN Malang foto bersama Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST., MT., Ph.D usai menerima SK Pengurus Rukun Ibu Periode 2023-2027. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Rektor berharap kepada Rukun Ibu yang baru saja menerima SK untuk bisa bersinergi dan lebih meningkatkan apa yang dicapai oleh Rukun Ibu sebelumnya. Khususnya, mengajak para ibu tenaga pendidik dan kependidikan yang belum aktif bergabung maupun belum aktif berkegiatan dengan Rukun Ibu.

“Anggota yang belum aktif bisa diajak bergabung, dengan meningkatkan komunikasi secara personal. Tidak hanya untuk anggota yang bekerja di ITN, namun juga ibu rumah tangga dan anggota yang bekerja di instansi lain,” tutur rektor.

Rektor yang juga suami dari Ratih Cahyaratri Pribadi menyebutkan, Rukun Ibu bisa memberdayakan anggota dalam berbagai bentuk kegiatan. Kegiatan yang sudah berjalan selama ini seperti simpan pinjam, pengembangan sumber daya manusia dan lain-lain, sementara kegiatan baru juga perlu digali.

“Kegiatan yang sudah berjalan semoga bisa terus ditingkatkan. Begitupun dalam memberdayakan anggota bisa berdiskusi dengan bapak-bapak (para suami) di ITN Malang. Seperti pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan ibu-ibu untuk persiapan pensiun dan lain-lain. Kami (institusi) akan mendukung kegiatan ibu-ibu sekalian. Semoga bisa kita wujudkan bersama,” harapnya.

Senada dengan rektor, Ketua Rukun Ibu ITN Malang Periode 2021-2023, Nurmaida Sirait, SH juga memberi masukan yang sama. Menurut pengamatan Nurmaida, selama kepengurusannya masih ada ibu-ibu keluarga besar ITN Malang yang belum bergabung dengan Rukun Ibu. Nurmaida pun mendoakan agar kepengurusan yang baru kedepannya makin sukses.

“Tim pengurus Rukun Ibu yang baru ada sekitar 30-an anggota, semoga kedepannya semakin sukses. Menjadi tugas bersama bagi kita untuk mengajak ibu-ibu keluarga ITN Malang yang belum menjadi anggota Rukun Ibu untuk bergabung. Seperti dosen maupun para pensiunan,” kata Nurmaida.

Baca juga : Bunga Melati jadi Logo Resmi Rukun Ibu ITN Malang

Selama kepengurusannya periode 2021-2023 Nurmaida mengaku kurang maksimal dalam melakukan kegiatan bersama akibat pandemi. Sehingga ia berharap kedepannya Rukun Ibu sudah tidak lagi gangguan-gangguan dalam melaksanakan kegiatan secara langsung.

“Kami siap untuk membangun tim agar semakin solid. Mohon maaf bila selama saya menjabat ada kekurangan,” tandas Nurmaida yang sekarang didapuk sebagai Anggota Penasehat Rukun Ibu ITN Malang periode 2023-2027. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023