Back

Rakernas IMTLI 2023: Bersama Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia Menuju Indonesia Lestari

Ketua Umum PB IMTLI Mohamad Thoriq Azhari saat memberi sambutan pada pembukaan Rakernas HMTLI 2023 di Aula Kampus 1 ITN Malang, Minggu (07/5/2023). (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Perubahan iklim yang kian hari kian menggejala selalunya menjadi concern banyak pihak. Oleh karena itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI) berkumpul dan membuat agenda kerja tahunan. Tidak kurang dari 40 peserta dari total 54 universitas anggota IMTLI bersama dengan seluruh mahasiswa Teknik Lingkungan ITN Malang memadati Aula Kampus 1 ITN Malang pada acara pembukaan Rakernas IMTLI 2023, Minggu, 7 Mei 2023.

Dituturkan oleh Raquella Abi ketua panitia rakernas, acara rakernas adalah kali kedua diadakan di kampus ITN Malang. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITN Malang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas IMTLI 2023, setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah pada acara yang sama di tahun 2010. Perlu diketahui HMTL ITN Malang merupakan salah satu pendiri dari IMTLI. Acara tahunan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PB IMTLI Mohamad Thoriq Azhari, yang juga merupakan mahasiswa Universitas Trisakti, dan 14 staff PB IMTLI.

Baca Juga : Co-Working Space Solusi Minimnya Ruang Kerja Bersama di Kota Malang

Kegiatan rakernas rencananya akan diselenggarakan dalam empat hari mulai Minggu-Rabu, 07-10 Mei 2023. Pembukaan dilakukan di kampus 1, sedangkan hari kedua dan ketiga akan diselenggarakan di kampus 2 ITN Malang. Sedangkan hari keempat ditutup dengan wisata edukasi. Agendanya adalah mengunjungi Kampung Heritage Kayu Tangan.

“Diadakan selama empat hari. Pembukaan dilanjutkan dengan webinar, setelah itu langsung dilaksanakan rapat kerja hari pertama. Hari kedua dan ketiga sama melanjutkan rapat kerja nasional, dan untuk hari keempat itu kami akan berwisata ke Kampung Wisata Heritage Kayutangan,” tutur Raquella saat ditemui sebelum acara pembukaan.

Wakil Rektor 3 ITN Malang Dr. Hardianto, ST., MT; PJ Wakil Dekan 3 FTSP ITN Malang Ida Soewarni, ST, MT, dan Kaprodi Teknik Lingkungan S-1 ITN Malang, Dr. Evy Hendriarianti ST., M.MT hadir pada pembukaan Rakernas HMTLI 2023 di Aula Kampus 1 ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Bumi sedang ‘demam’ adalah fakta lingkungan akibat pemanasan global yang harus segera dicarikan solusi. Oleh sebab itu, rakernas kali ini mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama IMTLI”. Tema ini mempunyai makna membangun kembali semangat mahasiswa teknik lingkungan yang ada di seluruh Indonesia untuk saling bekerja bersama dalam menangani isu-isu lingkungan.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Umum PB IMTLI Mohamad Thoriq Azhari berharap mahasiswa teknik lingkungan kedepannya bisa memberi kontribusi lebih kepada masyarakat. “Dengan membangun relasi yang kuat dengan seluruh mahasiswa Teknik Lingkungan se-Indonesia, maka langkah kecil ini diharapkan bisa ikut memberikan kontribusi nyata dan senantiasa memberikan inovasi. Semuanya sudah tertuang dalam proker dalam setahun ke depan,” terang Thoriq.

Baca juga : Lulusan Terbaik Teknik Lingkungan Lakukan Evaluasi Kinerja IPAL Mergosono

Mengingat kegiatan peduli lingkungan merupakan kegiatan komunal, maka moment rakernas kali ini juga digunakan sebagai ajang silaturahmi untuk merekatkan hubungan antar mahasiswa teknik lingkungan dari seluruh Indonesia. Harapan ini disampaikan oleh Wakil Rektor 3 ITN Malang, Dr. Hardianto, ST., MT. “Melalui kegiatan rakernas, maka baik mahasiswa maupun dosen bisa saling kenal dan menjalin silaturahmi yang baik,” tutur Hardianto.

Harapan kepada mahasiswa teknik lingkungan se-Indonesia juga disampaikan oleh Kaprodi Teknik Lingkungan S-1 ITN Malang, Dr. Evy Hendriarianti ST., M.MT. “Kegiatan peduli lingkungan berkelanjutan ini diharapkan bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi peserta yang tergabung dalam IMTLI namun juga menjadi sumbangsih nyata anak bangsa dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan bersama,” ungkap Evy. (Rini Anjarwati/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023