Back

IKA ITN Malang Korwil Kediri Terbentuk Demi Kecintaan pada Almamater

Ketua (terpilih) IKA ITN Malang Korwil Kediri, Ir. Daniel Sonny Pinaria (kiri) dan Wakil Ketua, Katino, A.Md pada acara buka bersama dan silaturahmi di The Way Out – Coffee & Gallery Kota Kediri, Minggu (02/05/2021). (Foto: Yanuar/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Bulan Ramadan menjadi momen yang istimewa bagi alumni Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Pasalnya, alumni wilayah Kota Kediri dan sekitarnya bisa merajut silaturahmi. Momen yang dikemas bersamaan dengan buka bersama ini juga melahirkan terbentuknya Ikatan Alumni (IKA) ITN Malang Korwil Kediri. The Way Out – Coffee & Gallery Kota Kediri menjadi saksi terpilihnya Ketua IKA ITN Malang Korwil Kediri, Ir. Daniel Sonny Pinaria dan Wakil Ketua, Katino, A.Md pada Minggu (02/05/2021).

Acara silaturahmi yang dihadiri oleh alumni lintas jurusan dan angkatan ini juga dihadiri oleh Kepala Program Studi Teknik Mesin D3, Aladin Eko Purkuncoro, ST, MT, dan Kepala Humas ITN Malang F.X. Ariwibisono, ST., M.Kom sebagai perwakilan dari institusi. Sedangkan salah satu alumnus yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Katino, A.Md, yang kemudian didapuk sebagai Wakil Ketua IKA ITN Malang Korwil Kediri.

Akrab: Acara silaturahmi pembentukan IKA ITN Malang Korwil Kediri berlangsung hangat dan akrab. Kika: Owner Kediri Family Resident (KFR), Ir. Daniel Sonny Pinaria; Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Katino, A.Md dan Kepala Prodi Teknik Mesin D3, Aladin Eko Purkuncoro, ST, MT. (Foto: Yanuar/humas)
Akrab: Acara silaturahmi pembentukan IKA ITN Malang Korwil Kediri berlangsung hangat dan akrab. Kika: Owner Kediri Family Resident (KFR), Ir. Daniel Sonny Pinaria; Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, Katino, A.Md dan Kepala Prodi Teknik Mesin D3, Aladin Eko Purkuncoro, ST, MT. (Foto: Yanuar/humas)

Daniel Sonny Pinaria mengatakan, kegiatan buka bersama kali ini menjadi jembatan bagi alumni Kota Kediri dan sekitarnya untuk berkumpul dan bersilaturahmi. Dengan begitu antar alumnus akan terhubung, bisa saling memberi dan berbagi informasi, sehingga alumni akan mempunyai ikatan satu sama lain.

“Untuk itu kami wujudkan dalam suatu wadah Ikatan Alumni ITN Malang. Sehingga akan terus tumbuh rasa memiliki dan cinta alumni kepada almamaternya (ITN Malang),” ujar Sonny akrab disapa.

Dikatakan Sonny, IKA ITN Malang bisa menjadi wadah belajar tidak hanya antar alumnus, namun juga civitas akademika. Akan banyak manfaat yang bisa didapat dari ikatan alumni. Bagi alumnus, ikatan alumni bisa menjadi tempat diskusi, berbagi informasi, bahkan kolaborasi.

“Kami (alumni) bisa berkolaborasi usaha yang bersifat profit. Masing-masing di antara kami sudah mengetahui satu sama lain. Usahanya yang bisa dikolaborasikan misalnya usaha properti, kontraktor, bidang pendidikan dan lainnya. Ketika ada wadahnya, apapun (kolaborasi) bisa lakukan asal ada kemauan,” terang alumnus Teknik Industri S-1 angkatan ’86 ini.

Baca juga: Anto Baret Musisi Sekaligus Budayawan Malang Hadiri Dies Natalis Himakpa ke 43

Sedangkan untuk kampus, adanya ikatan alumni bisa memberikan masukan terhadap kurikulum yang relevan sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini. Mengingat alumni adalah praktisi di lapangan, dengan ilmu yang selalu berkembang mengikuti permasalahan yang ada di masyarakat.

“Ilmu di lapangan sangat berguna sebagai masukan kurikulum. Alumni dan kampus bisa berdiskusi dalam suatu forum membahas materi-materi apa yang penting di dunia kerja. Ada masukkan dari alumni-praktisi di bidangnya untuk penguatan kurikulum. Diskusi dengan mahasiswa pun bisa dibangun, seperti kiat-kiat menjadi penguasa sukses. Menjadi entrepreneur tidak gampang, yang dibutuhkan kemauan, skill itu nomor sekian. Mahasiswa harus menyiapkan karir, mau sebagai pengusaha atau seorang pekerja,” imbuhnya.

Baca juga:  Luki Widodo Alumnus ITN Malang Tekankan Pentingnya Pengalaman Sebelum Lulus Kuliah

Mengumpulkan alumni dalam suatu wadah ikatan alumni memang tidak mudah. Bagi Sonny dan teman-teman butuh waktu dan tenaga hingga akhirnya terbentuk IKA ITN Malang Korwil Kediri. Menurutnya, modal paling utama membentuk wadah ikatan alumni adalah kedekatan dengan alumni. Dimulai dengan beberapa teman yang bisa diajak bertemu dan berdiskusi bersama. Maka, embrio kecil inilah yang mengantarkan Ikatan Alumni ITN Malang Korwil Kediri terbentuk.

“Saya beberapa kali menggalang alumni (berkumpul) tapi setelah itu hilang begitu saja. Semoga ITN bisa serius mensupport menjadikan organisasi IKA ITN menjadi kokoh, bermanfaat bagi alumni dan kampus. Sehingga, kami pun merasa bangga bisa menjadi alumni ITN Malang yang dikenal sebagai kampus institut terbaik di Jawa Timur,” pungkas Owner Kediri Family Resident (KFR) ini. (me/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023