Rektor ITN Malang Prof. Dr.Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menyampaikan sambutan dalam kegiatan Virtual Job Fair Pusat Karir ITN Malang, Senin (12/04/2021). (Foto: Tangkapan layar Youtube Channel ITN Malang Official)


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melalui Pusat Karir ITN Malang menggelar virtual job fair pada Senin-Selasa (12-13/04/2021). Virtual job fair diharapkan menjadi wadah bagi para pencari kerja (job seeker) dan perusahaan bertemu secara langsung melalui metode virtual (daring). Dengan begitu diharapkan para pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

Rektor ITN Malang Prof. Dr.Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menyampaikan, job fair merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk memberikan informasi peluang dan lowongan pekerjaan bagi pencari kerja. Khususnya bagi mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi.

Kepala Pusat Karir ITN Malang, Ali Mahmudi, B., Eng. PhD menyampaikan program Pusat Karir ITN Malang. (Foto: Tangkapan layar Youtube Channel ITN Malang Official)

Kepala Pusat Karir ITN Malang, Ali Mahmudi, B., Eng. PhD menyampaikan program Pusat Karir ITN Malang. (Foto: Tangkapan layar Youtube Channel ITN Malang Official)

“Semoga nanti apa yang disampaikan oleh perusahaan-perusahaan dapat memberikan peluang yang sangat baik bagi lulusan ITN Malang. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan. Tidak hanya pada saat seperti ini (moment kelulusan mahasiswa), tapi juga melalui informasi-informasi yang lain sehingga para pencari kerja, atau dari perusahaan bisa dapat menemukan calon-calon pegawai sesuai kebutuhan,” ujar rektor dalam sambutannya.

Diikuti oleh 286 peserta dari alumni Kampus Biru dan umum, serta 16 perusahaan ternama virtual job fire menarik minat lulusan mulai dari SLTA, D-3, S-1 hingga S-2.

Sementara itu, Kepala Pusat Karir ITN Malang, Ali Mahmudi, B., Eng. PhD mengatakan, job fire diselenggarakan secara virtual karena Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Karena masih masa pandemi, maka bursa kerja (job fire) kami adakan secara online,” katanya.

Baca juga: Benny Hery Ritanto, Alumni Teknik Kimia Berkarir di Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) Uni Emirat Arab

Dikatakan Ali, Pusat Karir ITN Malang memiliki empat program, yakni pelatihan karir, bursa kerja, tracer study, serta Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB). Untuk pelatihan, awal tahun ini pusat karir sudah melakukan pelatihan karir secara virtual dengan mengundang alumni yang berkompeten.

“Pelatihan karir sudah dilakukan dua minggu yang lalu, dengan mengundag alumni untuk memberikan pengarahan dan pelatihan. Sementara yang bursa kerja seperti hari ini akan kami laksanakan selama dua hari, hari ini dan besok,” terang Ali.

Untuk Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) di bulan Februari 2021 kemarin pusat karir telah mengirimkan satu mahasiswa dari Teknik Geodesi untuk magang di Semen Indonesia Group (SIG), Unit Pertambangan Kabupaten Tuban. “Kemarin calon peserta PMMB yang terhimpun sekitar 220 mahasiswa, yang mendaftar 34 mahasiswa. Namun, yang lolos baru satu orang.Insyallah dimasa-masa mendatang lebih banyak lagi,” harap Ali.

Baca juga:  Pusat Karir ITN Malang Fasilitasi “Campus Recruitment” APP Sinarmas

Program pusat karir berikutnya adalah tracer study. Merupakan pelacakan kelulusan pergruan tinggi yg dilakukan oleh pusat karir perguruan tinggi. Dengan memakai media berupa kuesioner untuk alumni yang lulus dua tahun ke belakang. Sehingga untuk tracer study ITN Malang 2021 di tujukan kepada wisudawan tahun 2019 dan 2020.

Seperti dikatakan Ali, job fire kali ini akan dilakukan dua hari. Hari pertama kegiatannya pemaparan perusahaan. Untuk hari ke dua berisi materi trik-trik dan kiat sukses melamar kerja yang akan disampaikan oleh pusat karir, serta personal branding yang akan disampaikan dari laboratorium bahasa.

Bagi peserta job fire atau para fresh graduate ITN Malang nantinya bisa mengunjungi web site Pusat Karir ITN Malang di alamat di https://karir.itn.ac.id/. Di sini pengunjung akan menemukan materi pelatihan, informasi lowongan kerja, galeri kegiatan, tracer study dan lain sebagainya.

“Di web site juga terdapat informasi perusahaan yang mengikuti job fair, lowongan kerja, galeri kegiatan, tracer study. Jadi, saat kegiatan (job fire) selesai lowongan kejanya masih bisa dilihat di web site. Semoga dengan job fire kali ini, para pencari kerja dapat mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan,” tandasnya. (me/Humas ITN Malang)

 100 total views,  1 views today

image_pdfimage_print