UKM Persatuan E-Sport Game Gelar Liga Amal untuk Sulawesi Barat

Panitia Charity League (liga amal) UKM Persport ITN Malang untuk gempa bumi Sulawesi Barat. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Berdonasi sekaligus meningkatkan skill game. Itulah yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pesport Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada bulan Januari 2021 lalu. UKM Persatuan E-Sport Game (Pesport) mengumpulkan donasi dengan menggelar Charity League (liga amal) untuk korban gempa bumi Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, pada 15 Januari 2021.

“Kami mengadakan Event Liga Amal ITN Malang dengan menggelar pertandingan Mobile Legends & PUBG. Hasil dari uang pendaftaran tersebut semuanya kami donasikan ke Sulawesi Barat,” terang Ketua UKM Persport, Dandy Kharisma saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp awal Februari lalu.

UKM Persport ITN Malang menggelar turnamen Mobile Legends & PUBG untuk mengumpulkan dana bagi gempa bumi Sulawesi Barat. (Foto: Istimewa)

UKM Persport ITN Malang menggelar turnamen Mobile Legends & PUBG untuk mengumpulkan dana bagi gempa bumi Sulawesi Barat. (Foto : Istimewa)

Gempa bumi Sulawesi Barat di awal tahun 2021 merupakan sebuah gempa darat berkekuatan 6,2 Mw yang melanda pesisir barat Pulau Sulawesi. Terjadi pada tanggal 15 Januari 2021, pukul 02.28 WITA.

“Dampaknya sangat luar biasa mempengaruhi sektor sosial dan ekonomi. Banyak pengungsi karena rumah mereka rusak. Memang belum banyak donasi yang berhasil kami kumpulkan. Namun, harapannya dapat ikut membantu meringankan beban mereka,” sambung mahasiswa asal Malang ini.

Donasi meski sedikit asal ikhlas akan membawa kemanfaatan. Untuk itu UKM Pesport mematok registrasi hanya sepuluh ribu rupiah per tim. Sedangkan total yang mendaftar ada 43 tim, maka terkumpullah dana sebesar 450 ribu rupiah. Dana tersebut kemudian disalurkan melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) atau Save The Children.

Baca juga: Resmi, ITN Malang Punya UKM Pesport

Turnamen Mobile Legends & PUBG sukses diadakan pada tanggal 24-25 Januari 2021. Peserta kebanyakan dari kalangan mahasiswa se Malang Raya. Ini terbukti antusiame penyuka game online masih besar. Apalagi hasil uang registrasi digunakan untuk membantu sesama yang sedang dalam kesusahan.

“Bahkan ada beberapa tim yang rela membayar lebih dari ketentuan (registrasi). Mereka sengaja ingin berdonasi. Untuk turnamennya sendiri juga seru. Bahkan tim dari UKM Pesport PUBGM berhasil meraih peringkat 3rd pada laga tersebut,” jelas mahasiswa semester 4 Teknik Informatika S-1 ini.

Baca juga: Civitas Akademika ITN Malang Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah

Meskipun semua hasil registrasi disumbangkan untuk Sulawesi Barat, namun UKM Pesport tetap menyediakan reward untuk pemenang. Reward tersebut merupakan support dari pihak developer Game Mobile Legends.

“Reward (hadiah) berupa Diamond untuk pemenang di Game Mobile Legends. Jika di rupiahkan total hadiahnya senilai dua juta lima ratus ribu rupiah,” tandas Dandy. (mer/Humas ITN Malang)

itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC