Back

Mahasiswa ITN Malang Juara 1 Proggraming Bidang Mobil Robotics Kejuaraan Training Center ASEAN Skills Competition (ASC) XIII

Agung Darmawan mahasiswa ITN Malang menerima plakat Juara 1 Proggraming Kejuaraan Training Center ASEAN Skills Competition (ASC) XIII Mobile Robotics 2019 – 2020 dari Dirjen Binalattas, Budi Hartawan, di Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (KEMNAKER) RI, Kamis (10/12/2020). (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Agung Darmawan mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Juara 1 Proggraming dalam Kejuaraan Training Center ASEAN Skills Competition (ASC) XIII Mobile Robotics 2019 – 2020. Mahasiswa Teknik Elektro S-1 ini merupakan bagian dari 70 Calon Kompetitor (kontestan) ASC XIII yang semula akan dilangsungkan di Singapura pada tahun 2020. Namun, karena ketidakpastian situasi pandemi Covid-19 ASC XIII akhirnya diundur hingga tahun 2023 mendatang.

Agung sebelumnya tidak menduga bisa ikut seleksi nasional (seleknas) ASC XIII dan menjadi juara. Mengawali ikut lomba mobile robotics ASC XIII dalam seleksi daerah (selekda) di tahun 2019 dan berhasil menjadi juara 3. Keinginan Agung untuk ikut seleknas sempat kandas. Pasalnya yang masuk seleknas dan mengikuti training center selama satu tahun hanya untuk juara 1 dan juara 2. Namun, keberuntungan masih berpihak pada Agung. Berhubung ada salah satu anggota tim juara selekda mengundurkan diri, maka Agung diminta untuk menganti kekosongan tim dalam seleknas. Agung bergabung dengan tim Indonesia untuk ASC sebagai programmer dari ITN Malang dan rekan setimnya sebagai mekanik dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Agung Darmawan mahasiswa ITN Malang (paling kanan) bersama Tim Indonesia ASEAN Skills Competition (ASC) XIII Kejuruan Mobile Robotics 2019 – 2020. (Foto: Istimewa)
Agung Darmawan mahasiswa ITN Malang (paling kanan) bersama Tim Indonesia ASEAN Skills Competition (ASC) XIII Kejuruan Mobile Robotics 2019 – 2020. (Foto: Istimewa)

“Dalam training center (mobile robotics) ada 2 tim. Tiap tim diseleksi lagi secara individu antara programmer melawan programmer dan mekanik melawan mekanik. Dan alhamdulillah yang juara 1 programmer dan mekanik semua dari tim saya. Untuk tim yang juara 2 dari PENS semua,” lanjut mahasiswa semester 7 ini.

Dikatakan Agung, kegiatan selama training center masing-masing tim yang terdiri dari progammer dan mekanik diharuskan membuat sebuah mobil robot yang dapat bertugas sesuai test project yang diberikan. Untuk ASC ke XIII ini test project yang diberikan adalah robot yang bertugas untuk mengambil sampah pada tiap-tiap kota yang dituju dan membuangnya ke waste management center.

Baca juga: Nekat Latihan Semalam, Mahasiswa ITN Malang Juara 3 Selekda ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2019

Teknis robotnya adalah robot membaca order berupa barcode di robot home. Di dalam barcode terdapat data lokasi yang dituju dan sampah jenis apa saja yang diambil lalu membuangnya pada waste management center sesuai jenis sampah. Ketika menuju kota yang di-order, robot harus dapat membaca rambu lalu lintas, harus belok kemana, dan jalan mana saja yang tidak boleh dilalui.

ASC atau World Skills ASEAN (WSA) merupakan kegiatan rutin dua tahunan di lingkup ASEAN. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pelatihan, promosi pendidikan dan pelatihan vokasi, serta meningkatkan kualitas tenaga kerja muda di kawasan ASEAN. Di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, ASC juga merupakan ajang yang baik untuk mempromosikan tenaga kerja muda Indonesia.

Baca juga: Tiga Robot ITN Malang Melaju di Kontes Robot Line Follower Tingkat Nasional

Menurut Agung sebagai reward calon kompetitor ASC diberi pilihan, bisa meminta surat rekomendasi beasiswa atau rekomendasi kerja dari KEMNAKER. “Karena saya sudah hampir lulus jadi kemungkinan nanti akan minta surat rekomendasi kerja saja. Masih menunggu sertifikat BNSP belum keluar, tapi untuk tes BNSP nya sudah selesai,” tutup Agung berharap bidang robotics ITN Malang dapat lebih berkembang mengikuti perkembangan teknologi sekarang. (Mita Emininasari/ Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023