Ir. Maranatha Wijayaningtyas, ST MMT Ph.D, Pembina UKM Entrepreneur Community of ITN Malang (ECI), saat ditemui di sela-sela acara webinar “Membangun START-UP Digital Pada Era New Normal” di Ruang Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang, Kamis (17/12/2020). (Foto Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Entrepreneurship atau kewirausahaan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan di kalangan mahasiswa. Tidak memandang jurusan, pada kenyataannya mahasiswa membutuhkan motivasi kewirausahaan. Kewirausahaan sendiri merupakan sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan. Karakter inilah yang ingin dimunculkan oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, salah satunya dengan menggelar webinar entrepreneurship seri satu secara daring, Kamis (17/12/2020).

Mengusung tema “Membangun START-UP Digital Pada Era New Normal” webinar entrepreneurship ini merupakan kolaborasi antara Tim Kewirausahaan ITN Malang dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Entrepreneur Community of ITN Malang (ECI). Serta dukungan dan kerjasama Binus University Malang dan Universitas Machung.

Krisna Nugraha (Internet Marketing Lead Tokopedia) saat menjadi pembicara webinar “Membangun START-UP Digital Pada Era New Normal”. (Foto: Tangkapan Layar Zoom Meeting)

Krisna Nugraha (Internet Marketing Lead Tokopedia) saat menjadi pembicara webinar “Membangun START-UP Digital Pada Era New Normal”. (Foto: Tangkapan Layar Zoom Meeting)

“Ini merupakan seri pertama webinar kewirausahaan yang diselenggarakan dengan misi memotivasi dan meningkatkan jiwa kewirausahaan semua stakeholder dan civitas akademika ITN Malang. Harapannya civitas akademika bisa berwirausaha secara mandiri dengan skill serta kompetensi bidang teknologi sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” jelas Ir. Maranatha Wijayaningtyas, ST MMT Ph.D saat ditemui di sela-sela acara webinar yang dipusatkan di Ruang Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang.

Acara webinar diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka terdiri dari para pelajar SMA, mahasiswa, dan akademisi dari banyak perguruan tinggi di Indonesia. Seperti dari Sumatera, Kalimantan sampai Sumba Timur, juga diikuti para praktisi usaha dari berbagai bidang.

Baca juga: Penuh Gizi, Muffin Buatan Mahasiswa ITN Malang Ini Terbuat dari Tanaman Ajaib

Menghadirkan narasumber kompeten dalam bidang Startup Digital yakni M. Ziaelfikar Albaba (Direktur dan Co-founder Indiekraf Indonesia dan Koordinator Komunitas Stasion Startup Singo Edan Malang) dan Krisna Nugraha (Internet Marketing Lead Tokopedia).

“Startup (perusahaan rintisan) saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan dan bahkan dengan berjalannya waktu bisa meningkat terus. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, karena semua aktivitas dilakukan secara digital dan online. Maka ini menjadi peluang besar bagi tumbuhnya startup digital,” jelas Maranatha yang juga Pembina UKM Entrepreneur Community of ITN Malang (ECI).

Baca juga: Open House Teknik Kimia Undang Puluhan Pelajar dari Malang Raya

Dikatakan Maranatha, ketika bangsa Indonesia terlepas dari pandemi Covid-19 dan bisa beradaptasi dengan kondisi Era New Normal. Maka, kondisi perkembangan digital ekonomi di Indonesia akan tetap menjadi perspektif jangka panjang dan sangat memiliki potensi yang besar.

“Disinilah pentingnya bagi kita semua untuk memahami bentuk usaha startup digital. Bagaimana memulainya, serta apa saja yang harus dilakukan untuk mengelola bentuk usaha tersebut dengan inovatif dan kreatif. Dengan webinar ini peserta diharapkan dapat menangkap peluang di tengan masa pandemi dan saat Era New Normal,” pungkasnya. (mer/Humas ITN Malang)

139 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini