Back

Servis Gratis: Mekanik Mesin Industri ITN Malang Beraksi

Mekanik Mesin Industri ITN Malang sedang sibuk bekerja menyervis motor roda dua, Sabtu (21/12/19). (Foto: Mita/Humas ITN Malang)

Malang, ITN.AC.ID — Sebanyak 13 mekanik Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terlihat sibuk mengotak atik motor. Mahasiswa Mesin Industri D-4 ini melayani service gratis seperti tune up atau servis berkala bagi masyarakat yang melintas di depan Kampus 2 ITN Malang. Ada yang mengecek oli, penyetelan kalbulator, membersihkan saringan udara, penyetelan tali kopling gas dan lain sebagainya.

“Kami melayani servis ringan bagi semua spesifikasi motor. Kalau nanti ditemukan kerusakan berat, maka akan kami beri keterangan apa yang perlu ditindaklanjuti,” kata Al Fandi, Ketua Pelaksana Service Gratis Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) D-4, Sabtu (21/12/19).

Tidak sembarang mekanik yang melayani servis gratis. Mahasiswa sebelumnya dipilih yang sudah terlatih dalam menangani motor. “Mekanik kami sudah ada yang bekerja di bengkel. Mereka yang dipilih juga umumnya waktu sekolah berlatar belakang jurusan otomotif, jadi sudah terbiasa (service motor),” imbuh mahasiswa asal Sumbawa ini.

Sementara itu, Rahmat Irfansyah, Ketua HMM D-4 mengatakan, dengan terjun langsung ke masyarakat maka kemampuan servis kendaraan mahasiswa Mesin Industri kian terasah. Dimana saat mekanik menemukan permasalahan mereka akan bekerjasama secara tim untuk memecahkan masalah tersebut.

Baca juga: Sukses Usaha Otomotif Alumni ITN Malang Berikan Semangat Membangun

Servis Gratis yang digelar di area gate ITN Malang ini juga melayani ganti onderdil ringan. Seperti ganti oli, bolam lampu, kampas rem, slink gas, coolen, dan busi.

“Untuk onderdil ringan kami juga sediakan, ada bolam lampu, kampas rem, slink gas. Begitu pula bila ada yang mau mengganti oli kami siapkan juga,” ujar mahasiswa asal Malang ini. (me/humas)

Baca juga: Baca Alquran di ITN Malang Dapat BBM Gratis

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023