Gaguk Ponco Setio Utomo, Head Program MFM Radio 101.3 MHz, memberi materi Keradioan di Kampus 1 ITN Malang, Sabtu (26/10/19). (Foto: Istimewa)

Gaguk Ponco Setio Utomo, Head Program MFM Radio 101.3 MHz, memberi materi Keradioan di Kampus 1 ITN Malang, Sabtu (26/10/19). (Foto: Istimewa)


 

Malang, ITN.AC.ID – Orang yang sukses tidak lepas dari kemampuannya berbicara di depan umum (public speaking). Begitupun bagi announcer (penyiar) radio wajib memiliki kemampuan public speaking agar informasi sampai kepada pendengar dengan jelas. Karenanya komunitas Radio Elite FM Gellar ITN Malang menggelar Seminar Keradioan di Ruang Amphi Gedung Elektro, Kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Sabtu (26/10/19).

Seminar Keradioan bertema “Radio adalah Tempat Berekspresi” yang diselenggrakan oleh Radio Elite FM ITN Malang tidak hanya dihadiri oleh 82 mahasiswa Fakultas Teknik Industri kampus Biru, namun juga ada perwakilan Tara Radio (Univ Negeri Malang), Bhiga FM (Merdeka Malang), PRO.M.EL FM (Unisma), UMM FM (UMM), dan PL FM (Politeknik Negeri Malang).

Materi kali ini secara dalam dikupas oleh Gaguk Ponco Setio Utomo, Head Program MFM Radio 101.3 MHz.

“Penyiar radio membutuhkan skill khusus karena antara penyiar dan pendengar saling tidak bisa melihat. Bisanya hanya saling membayangkan sosok masing-masing. Banyak ribuan pendengar di luar sana, maka gunakan radio sebagai tempat berekspresi dengan sebaik-baiknya,” ujar Ega Pratama nama siar dari Gaguk Ponco Setio Utomo.

 

Mahasiswa Fakultas Teknik Industri ITN Malang belajar public speaking dalam Seminar Keradioan. (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Fakultas Teknik Industri ITN Malang belajar public speaking dalam Seminar Keradioan. (Foto: Istimewa)

 

Sementara, General Manager Elite FM 105.1 MHz, Triyudi Nugroho menuturkan, Seminar Keradioan diadakan untuk melatih mahasiswa menjadi announcer, serta melatih public speaking dalam mengawali berkomunikasi dengan orang baru. “Mahasiswa nantinya dapat memanfaatkan public speaking mereka di dunia radio dan broadcasting. Sehingga kegiatan ini akan menjembatani mahasiswa meraih cita-citanya,” kata Triyudi.

Baca juga: Nonton Live Musik, Nikmati Segarnya Minuman Probiotik, Sambil Belajar IT dan Robotika

Hal tersebut senada dengan Aries Sowandhana, ketua pelaksana kegiatan. Menurut Aries, selain belajar seputar radio, announcer, dan public speaking, juga diajarkan tentang tips berbicara dengan baik dan benar.

“Itu sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa. Bagaimana kita bisa berwibawa saat berbicara dan mudah di tangkap oleh pendengar apa yang kita bicarakan,” imbuh Aries. (Bagus Saputra, Elite FM radio/me/humas)

Baca juga: BNN Goes To Campus: Sebanyak 10 Persen Tersangka Penyalahgunaan Narkoba adalah Mahasiswa

45 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini