Robot Ganesa ITN Malang Parade di Depan Balai Kota Malang, Sabtu (24/8/19). (Foto: Yanuar/Humas)

Robot Ganesa ITN Malang Parade di Depan Balai Kota Malang, Sabtu (24/8/19). (Foto: Yanuar/Humas)


 

ITN Malang kembali ikut memeriahkan Festival Kendaraan Hias Kota Malang dengan menerjunkan SI GAJA, Robot Ganesha, Minggu (25/8/19). Robot ITN Malang berbentuk gajah ini melintas di sepanjang jalan mulai dari Balai Kota sampai depan Kantor Perpustakaan Kota Malang. Event tahunan ini diikuti oleh puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sampai tingkat kelurahan, perguruan tinggi, dan sekolah yang ada di Kota Malang. Mengusung tema ‘Menuju Malang Creative City dari Malang untuk Indonesia dan Dunia’ seluruh peserta diberangkatkan dari depan Balai Kota Malang.

Keikutsertaan Robot GAJA merupakan partisipasi Kampus Biru dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Tahun 2019 sekaligus untuk mendukung promosi wisata Kota Malang. Sebagai kampus teknik, ITN Malang selalu tampil dengan karya robotnya. Sebut saja yang pernah dibuat adalah Robot Transformer dan Robot Singo Edan.

“ITN mencoba selalu tampil aktif mendukung promosi wisata Kota Malang. Jadi, beberapa tahun terakhir tampil dengan robot. Dari tahun ketahun (panitia) selalu memperbaiki gerakan robot- robotnya. Mulai dari kemampuan gerak, tampilan, dan sebagainya,” terang Rektor ITN Malang, Dr.Ir Kustamar, MT.

Menurut Kustamar, Robot GAJA diusung sebagai simbol ITN Malang, yang melambangkan gajah dari kearifan Dewa Ganesa. Tangan robot sebelah kanan memegang pedel ITN Malang, sedangkan tangan kiri memegang topeng malangan. Robot Gajah dan puluhan kendaraan hias lainnya dibuat dengan ide untuk mengangkat potensi budaya masing-maing institusi dan daerah.

 

Para Penonton Festival Mobil Hias Tertarik Foto Bersama SI GAJA Robot Ganesha ITN Malang dan Cosplayer Berbaju Robot. (Foto: Yanuar/Humas)

Para Penonton Festival Mobil Hias Tertarik Foto Bersama SI GAJA Robot Ganesha ITN Malang dan Cosplayer Berbaju Robot. (Foto: Yanuar/Humas)

 

“Kedepannya kami akan tetap meramaikan upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan dan wisata Kota Malang. Akan terus kami perbaiki sehingga karya yang diikutkan bisa mewakili ikon institusi dan sesuai harapan panitia,” imbuh rektor.

Festival Kendaraan Hias secara langsung dibuka oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji. Melalui kegiatan ini Sutiaji berharap dapat memberikan motivasi kepada warga masyarakat agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

“Tema yang kita ambil dari Malang untuk Indonesia dan dunia, keragaman ini semoga bisa terus terjaga dan mempersatukan kita semua. Selain itu kegiatan ini dapat meningkatkan pariwisata di Kota Malang sehingga bisa menggerakkan ekonomi rakyat,” kata Sutiaji. (me/humas)