Panitia Membagiankan Daging Kurban kepada Warga Tasikmadu di Lingkungan Kampus II ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)

Panitia Membagiankan Daging Kurban kepada Warga Tasikmadu di Lingkungan Kampus II ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)


 

Salat Iduladha terasa kurang lengkap apabila tidak diiringi dengan penyembelihan hewan kurban. Untuk itu, usai salat Iduladha yang dilaksanakan di kampus I Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, panitia Iduladha ITN Malang melakukan penyembelihan hewan kurban di kampus II, di Jalan Raya Karanglo KM 2 Malang.

Menurut Annur Ma’ruf, ST,MT, Ketua Panitia Iduladha, kurun waktu tiga tahun terakhir ini penyembelihan hewan kurban dilakukan di kampus II. Mengingat lingkungan masyarakatnya lebih layak menerima pembagian daging kurban.

“Pernah di kampus I (penyembelihan hewan kurban). Tapi panitia kesulitan dalam pendistribusian. Lagipula daerah kampus I banyak masjid sehingga warga sudah kebagian daging kurban bahkan over kuota. Beda dengan kampus II yang relatif masih sepi. Untuk pembagiannya kami berkoordinasi dengan RW setempat,” terangnya saat ditemui di sela-sela pemotongan hewan kurban, Sabtu (11/08/19).

Tahun ini ITN Malang memotong empat ekor sapi dan tiga ekor kambing yang berasal dari sumbangan tenaga pendidik dan kependidikan ITN Malang. “Satu ekor sapi sumbangan dari yayasan P2PUTN, tiga ekor sapi sumbangan dari dosen dan staff. Sementara tiga ekor kambing dari perorangan ITN Malang juga,” rinci dosen asal Palu ini.

Meskipun secara jumlah sapi tahun ini lebih sedikit, namun secara kualitas tidak kalah. Tahun kemarin panitia menyembelih enam ekor sapi, sedangkan tahun ini empat ekor sapi dengan berat di atas 400 kilogram perekor lebih gemuk dari tahun kemarin. Sapi-sapi tersebut didapat dari peternak lokal di daerah Kecamatan Petungsewu.

 

Sebanyak Empat Ekor Sapi dan Tiga Ekor Kambing Dipotong Secara Bergantian di Kampus II ITN Malang, Minggu (11/08/19). (Foto: Yanuar/Humas)

Sebanyak Empat Ekor Sapi dan Tiga Ekor Kambing Dipotong Secara Bergantian di Kampus II ITN Malang, Minggu (11/08/19). (Foto: Yanuar/Humas)

 

Daging kurban sendiri nantinya akan dibagikan ke tenaga pendidik dan kependidikan ITN Malang serta warga sekitar kampus II. Penerima daging kurban dari ITN Malang akan mendapatkan kupon antrian, sedangkan warga sekitar pendistribusiannya lewat Ketua RW yang akan diserahkan ke ketua RT masing-masing.

“Insyaallah momentum Iduladha mengajak kita agar lebih peduli pada lingkungan sekitar. Harapan panitia di tahun-tahun mendatang, dosen dan staff lebih bersemangat mengamanahkan hewan kurban mereka ke ITN Malang,” tambah dosen Teknik Sipil ini. (me/humas)