Rombongan Study Ekskursi Mahasiswa Teknik Kimia Foto Bersama di Depan Gedung Reaktor Kartini Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Rombongan Study Ekskursi Mahasiswa Teknik Kimia Foto Bersama di Depan Gedung Reaktor Kartini Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Selain akademik, pengetahuan tambahan terus diberikan kepada mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Salah satunya dengan kegiatan study ekskursi (SE) melihat langsung proses industri ke beberapa perusahaan Kamis-Senin, 22 – 26 Juli 2019 yang lalu. Antara lain, PT Energi Agro Nusantara Mojokerto, PT Pertamina Refinery Unit VI, Balongan, Indramayu, PSTA BATAN, Jogjakarta, dan kunjungan ke Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Adanya kegiatan ini mahasiswa Teknik Kimia lebih siap dan memiliki pengetahuan lebih mengenai ‘proses engineering’. Semakin semangat dan termotivasi dalam mempelajari ilmu perkuliahan di Teknik Kimia,” kata Ahmad Mujahid, koordinator kegiatan.

Wawasan mahasiswa tentang organisasi himpunan mahasiswa juga bertambah dengan mengunjungi himpunan mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan mahasiswa Kampus Biru ini sempat melihat-lihat laboratorium serta riset yang sedang dikerjakan mahasiswa dan dosen ITB mengenai pabrik katalis.

Ke-29 mahasiswa dari angkatan 2017 tersebut sangat antusias mengikuti jalannya SE. Saat di PT Energi Agro Nusantara, Mojokerto, mereka mendapat penjelasan mengenai pengolahan molasses menjadi ethanol. Anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara X ini merupakan perusahaan berbasis bahan bakar energi terbarukan.

“Kami juga diajak berkeliling pabrik untuk melihat alat-alat yang digunakan untuk proses industri bioetanol, yang erat kaitannya dengan penelitian di Teknik Kimia,” lanjut Ahmad.

Mahasiswa semester 5 ini juga menceriterakan hal-hal yang menarik saat di Pertamina Refinery Unit VI, Balongan, Indramayu. “Peralatan proses pengolahan yang digunakan ukurannya luar biasa besar dan megah. Kami melihat realita di lapangan, sehingga bisa lebih bisa beradaptasi saat benar-benar terjun di dunia kerja,” bebernya.
Serius Menyimak Penjelasan dari Pertamina Refinery Unit VI, Balongan, Indramayu.

Serius Menyimak Penjelasan dari Pertamina Refinery Unit VI, Balongan, Indramayu.

Sementara itu di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator Badan Nuklir Nasional (PSTA BATAN) mahasiswa ITN Malang berkeliling untuk melihat reaktor nuklir serta mengunjungi berbagai laboratorium yang digunakan dalam menelaah lebih jauh ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan nuklir.

“Hal yang paling menarik adalah kunjungan ke Reaktor Kartini yg ternyata merupakan rakitan anak bangsa Indonesia sendiri yang bermanfaat bagi bangsa dan ilmu pengetahuan,” kata pemuda asli Malang ini. (Me/humas)

348 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini