Back

Mr. Red Besi Pahlawan Dismenore Buatan Mahasiswa ITN Malang

Tim PKM Teknik Kimia S-1 sedang mengolah mix fruitand vegetable menjadi Mr. Red Besi. (Foto: Istimewa)


 

Namanya unik “Mr. Red Besi Pahlawan Dismenore”. Ini merupakan kepanjangan dari produk ‘Minuman Serbuk Merah Kaya Zat Besi Pelawan Dismenore’. Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuat produk ini sebagai karya Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Penelitian yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan lolos pendanaan 2019.

Dari tangan ketiga mahasiswa Teknik Kimia S-1, Nur Muhammad Nashrullah, Ibra Moch. Isdes, dan Fanny Rahmadani, terciptalah minuman serbuk mix fruitand vegetable. Minuman instan ini tinggi kandungan antioksidannya, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi dismenore (dilep) dan anemia. Fungsinya sebagai penambah zat besi untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Minuman serbuk tersebut dapat dibuat dengan praktis dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang, karena bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

“Selain rasanya yang segar dan manis, minuman ini praktis dan dapat mengurangi keluhan dismenore dan anemia. Cocok untuk orang yang memiliki jadwal padat”, ujar Nashrul, sapaan akrab Nur Muhammad Nashrullah.

Mr. Red Besi terbuat dari campuran buah dan sayur segar seperti jambu biji merah, bayam merah, dan kacang merah yang dibuat serbuk/powder. Caranya, bayam merah dan buah bit dipotong dadu kemudian di-blancing (dimasak dengan api keci, red.) agar warnanya tidak hilang. Sedangkan kacang merah direbus,dan jambu dipotong dadu. Kemudian semua bahan diblender jadi satu dan diambil sarinya. Air sari tersebut ditambahkan filer (sukrosa dan tween 80) kemudian di-mixer sampai berbusa. Busa inilah yang akan menjadi serbuk, caranya dengan dikeringkan di dalam oven bersuhu rendah.

“Setelah kering baru dijadikan bubuk halus dengan cara diblender. Bubuk instan yang sudah jadi kemudian dikemas dalam kemasan steril. Kondisi operasi dengan suhu rendah (oven) merupakan terobosan efisien untuk menjaga kandungan gizi dalam minuman serbuk,” imbuh ketua PKM ini.

 

Mr. Red Besi Pahlawan Dismenore.
Mr. Red Besi Pahlawan Dismenore.

 

Menurut Nashrul, Mr. Red Besi kaya zat besi sehingga bisa membantu meringankan keluhan anemia dan dismenore bagi wanita. Dismenore merupakan nyeri di bawah perut yang terjadi menjelang atau selama menstruasi. Kandungan zat besi dan kalsium, juga vitamin C tinggi dalam Mr. Red Besi dapat membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut. Mr. Red Besi sudah diujicobakan ke 5 panelis penderita dismenore.

“Cara konsumsinya tinggal diseduh. Semuanya suka dengan warna dan rasanya yang manis tapi tidak bikin eneg, dan semua panelis mengaku rasa sakitnya berkurang setelah mencoba produk Mr. Red Besi,” aku mahasiswa asal Mojokerto ini. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023