Back

Geodet Serahkan Peta Citra Satelit ke Desa Gading Kembar

Salah satu mahasiswa Teknik Geodesi memberikan penjelasan mengenai fungsi peta citra satelit. (Foto: Istimewa)


 

Keahlian mahasiswa Teknik Geodesi salah satunya adalah membuat peta citra satelit. Tidak hanya dalam teori saja, namun keahlian ini diwujudkan dalam pembuatan peta citra satelit Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Hari Sabtu (18/5/19) yang lalu, hasil pencitraan Geodet Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang diberikan secara simbolis kepada perangkat Desa Gading Kembar.

“Proses pengambilan peta citra satelinya memakan waktu selama 6 hari, dan data sebelumnya sudah kami konfirmasi ulang ke pihak desa sebelum kami berikan,” tutur Anugrah Rilo Pambudi, anggota Himpunan Mahasiswa Geodesi (HMG), saat ditemui di rumah humas beberapa waktu lalu. Kegiatan Bakti Desa bertema Aksi Nyata untuk Membangun Perubahan ini mendapat respon positif dari warga.

“Kebetulan desa juga membutuhkan peta desa. Kami juga memaparkan informasi hasil peta mengenai fungsi tujuan serta manfaatnya di hadapan warga dan perangkat desa,” imbuh Rilo sapaan akrab mahasiswa semester 4 ini.

Menurutnya, banyak sekali manfaat peta citra satelit, yang utama masyarakat tahu batas wilayah desa. Selain itu bisa menjadi sumber informasi untuk perencanaan wilayah, mengetahui kepadatan penduduk, luas lahan, hutan, dan lain sebagainya. “Kalau citra satelit fotonya real lokasi desa, akan terlihat daerah perumahan, lahan, hutan bahkan sungai,” kata mahasiswa asal Jambi ini.

 

Geodet ITN Malang foto bersama perangkat Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung. (foto: Istimewa)
Geodet ITN Malang foto bersama perangkat Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung. (foto: Istimewa)

 

Tidak semua desa memiliki peta citra satelit. Karya mahasiswa ITN ini pun mendapat apresiasi dari sekretaris desa, Abdul Manan. Mewakili kepada desa dan masyarakat Gading Kembar, Abdul Manan mengucapkan terimakasih, karena selama ini desa belum mempunya peta citra satelit. Bahkan Abdul Manan berharap Bakti Desa mahasiswa ITN Malang bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Mengakhiri di kegiatan di Desa Gading Kembar, sebanyak 30 mahasiswa geodesi yang ikut Bakti Desa mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan di jalan sekitar balai desa. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023