Mahasiswa dan dosen ITN Malang tengah khusyuk membaca satu juz Alquran yang telah ditentukan panitia. (Foto: Yanuar/Humas)

Mahasiswa dan dosen ITN Malang tengah khusyuk membaca satu juz Alquran yang telah ditentukan panitia. (Foto: Yanuar/Humas)


 

Bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Selama satu bulan penuh umat muslim berlomba-lomba mengisinya dengan beribadah. Banyak pula digelar kegiatan untuk menambah keimanan dan sifatnya sosial. Ramadhan kali ini sangat berbeda dirasakan oleh umat muslim di lingkungan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Hari ke-15 Ramadhan 1440 H, civitas academica ITN Malang mengisinya dengan setor bacaan Alquran. Di sebelah selatan gedung rektorat kampus I sudah berdiri Rumah Quran. Di situlah mahasiswa, dosen, staff serta masyarakat umum bisa menyetorkan 1 juz bacaan Alquran.

“Di dalam Rumah Quran ini mahasiswa, dosen, staff dan masyarakat kami ajak agar bisa produktif sendiri pada Bulan Ramadhan dengan membaca Alquran. Masyarakat sekitar ITN juga boleh ikut kegiatan di Rumah Quran. Ini terbuka untuk umum,” terang Aladin Eko Purkuncoro, ST.MT., ketua pelaksana kegiatan Gema Ramadhan ITN Malang, Senin (20/5/19).

Dengan adanya Rumah Quran ini Aladin berharap civitas akademika ITN Malang bisa memupuk dan semakin produktif terhadap diri sendiri. Dengan begitu akan lebih mudah saat mengajak orang lain untuk memperbanyak membaca Alquran. “Insyaallah dengan membaca Alquran hati bisa adem dan tenang,” kata dosen yang juga Sekretaris Teknik Mesin Program Studi Sarjana Terapan ini.

 

Civitas academica sambut datangnya Ramadan dengan membaca Alquran di Rumah Quran ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)

Civitas academica sambut datangnya Ramadan dengan membaca Alquran di Rumah Quran ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)

 

Sebelum mulai membaca peserta didata dan masing-masing akan mendapatkan satu juz Alquran yang berbeda-beda. Mulai dari juz 1 sampai juz 30. Mereka diwajibkan menyelesaikan bacaan tersebut di Rumah Quran. Aladin berharap peserta bisa berkontribusi dalam sehari 30 juz bisa khatam.

Sebagai reward untuk menambah semangat, panitia sudah menyedikan hadiah. Untuk bacaan 1 juz Alquran sudah disiapkan hadiah berupa kitab suci Alquran, paket internet semua operator, gratis BBM 2 liter, serta servis gratis untuk sepeda motor.

“Khusus servis gratis membaca 1 juz, tapi kalau mau menambah service gratis plus ganti olie maka harus membaca 2 juz. Kami juga sudah mengadakan kerjasama dengan beberapa bengkel. Nanti untuk bengkelnya disesuaikan dengan jenis motornya,” pungkas dosen yang aktif menyuarakan anti narkoba ini.

Miranda Sahida liswa, Mahasiswa Teknik Kimia mengapresiasi kegiatan Ramadhan Produktif. “Kegiatannya bagus untuk mahasiswa serta dosen. Mengaji untuk menambah keimanan dan mendapatkan pahala, sekaligus meramaikan bulan Ramadhan,” ujar mahasiswa semester 2 ini.

Selain Ramadhan Produkfit, dalan Gema Ramadan kali ini juga akan dilaksanakan kegiatan seperti Ramadhan Dakwah Teknologi yang sudah dimulai sejak awal Ramadhan kemarin. Ramadhan Inovatif dengan menggelar berbagai lomba yang bisa diikuti oleh pelajar setingkat SLTA. Ramadhan Berbagi Amal dengan bakti sosial, berbagi taljil, dan bazar. Ramadhan Ceria ada lomba memanah, azan dan mewarnai bagi adik-adik sekolah dasar. (me/humas)

255 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini