Back

Pameran Teknologi dan Perlombaan Ajang Milenial Berekspresi

Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT., Ketua (P2PUTN) (kiri) bersama Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT (kanan) berkunjung ke stand Teknik Elektro. (Foto: Yanuar/Humas)


 

Sebagai kampus teknik, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang turut serta mewadahi generasi milenial dalam berekspresi dan mengembangkan diri terhadap teknologi. Melalui kegiatan Open House di kampus II, Sabtu (27/4/19), ITN menggelar berbagai lomba dan pameran teknologi. Teknologi yang dipamerkan merupakan hasil karya mahasiswa yang pernah mengikuti perlombaan, hasil karya tugas akhir, maupun hasil penelitian. Pengisi stand tersebut merupakan mahasiswa seluruh himpunan dari Fakultas Teknologi Industri (FTI), dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), serta ditambah stand UKM.

“Karya mahasiswa yang dipamerkan juga merupakan karya yang sudah pernah ikut kompetisi, dimana mahasiswa ITN sudah rutin mengikutinya,” ujar Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT., Ketua Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN).

Karya mahasiswa yang sudah mengikuti kompetisi misalnya, mobil hemat energi, robot terbang, kapal cepat tak berawak, yang semua merupakan karya mahasiswa Teknik Mesin S-1. Kemudian ada robot IF-Dorota karya mahasiswa Teknik Informatika S-1, robot tari karya mahasiswa Teknik Elektro S-1, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan karya tugas akhir bisa dilihat dari stand Teknik Kimia ada produk makanan sehat hasil penelitian mahasiswa, pembangkit listrik tenaga surya di stand Teknik Elektro, sedangkan Teknik Geodesi menampilkan alat-alat laboratorium lapangannya yang mumpuni.

Kartiko juga menyatakan, pameran teknologi mahasiswa bertujuan untuk mengekspos keunggulan yang dimiliki masing-masing prodi yang ada di ITN Malang. Dengan begitu masyarakat faham tentang apa yang ada di FTI dan FTSP, sekaligus pameran tersebut memberi informasi prospek lulusan dengan kompetensi yang dimiliki.

 

Mobil hemat energi karya mahasiswa Teknik Mesin S-1 menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran. (Foto: Yanuar/Humas)
Mobil hemat energi karya mahasiswa Teknik Mesin S-1 menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran. (Foto: Yanuar/Humas)

 

“Selain himpunan juga ada unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti UKM Format, bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Harapannya mereka (pelajar) juga bisa menyalurkan hobi di UKM selain akademik, agar mereka bisa mengkespresikan diri. Seperti halnya yang trend saat ini di milenial adalah e-sport. Di Teknik Informatika diajarkan mengenai desain-desain game, semua ada di situ,” tuturnya.

Kartiko juga menambahkan, dalam open house ini e-marketing bisnis atau disebut dunia ekonomi digital juga dikenalkan kepada pelajar. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023