Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Curhat ke ITN Malang

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kembali mendapat kunjungan dari Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Drs. Ndara Tanggu Kaha, pada Jumat (5/4/19). Disambut langsung oleh Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT., Wakil Bupati SBD tanpa canggung mencurahkan beberapa permasalahan yang terjadi di SBD. Kehangatan pertemuan tersebut tidak asing lagi, karena Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan ITN Malang.

Menurut Ndara Tanggu Kaha, Kabupaten Sumba Barat Daya sekarang ini sangat membutuhkan pembangunan, karena telah terjadi pertumbuhan penduduk sebesar 5 persen. Tercatat saat ini penduduk SBD sebesar 350 ribu jiwa dengan luas daerah 1.443 km yang tersebar di 175 desa, dalam 11 kecamatan. Kenaikan jumlah penduduk tersebut disebabkan oleh banyaknya pendatang yang berasal dari luar daerah. Sebagai akibatnya, kenaikan tersebut menyebabkan masalah di beberapa bidang, seperti masalah pendidikan, kesehatan, maupun keamanan.

 

Kunjungan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Drs. Ndara Tanggu Kaha (Foto: Humas).

Kunjungan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Drs. Ndara Tanggu Kaha (Foto: Humas).

 

“Naiknya jumlah penduduk di SBD menyebabkan banyak masalah. Masalah pendidikan, kesehatan, keamanan. Ya, masalah perut ujung-ujungnya,” ungkap Ndara Tanggu Kaha. Olehnya, dengan kunjungan kali ini diharapkan ITN Malang bisa membantu menyelesaikan masalah yang ada dengan cara merevisi dan menyelesaikan rancangan tata kota secepatnya.

Keinginan Wakil Bupati SBD ini ditanggapi oleh Rektor ITN Malang dengan menyiapkan tim dari Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Teknik Geodesi. Hari itu juga dilakukan presentasi terkait rencana penyusunan RTRW yang bisa diterapkan di SBD. (rr/humas)

 263 total views,  1 views today

image_pdfimage_print