Back

Anang Muftiadi: Kerangka Kerja Logis Permudah Merancang Program dan Proyek

Menyusun Kerangka Kerja Logis (Logical Framework Analysis – LFA) akan sangat memudahkan dalam merancang program dan proyek. Umumnya kerangka kerja disusun mulai dari yang sifatnya sederhana atau umum hingga yang spesifik. Namun, Dr. R. Anang Muftiadi, SE., Msi berpendapat kerangka kerja logis bisa disusun dari menentukan goal atau tujuan terlebih dahulu. “Tujuan akan tercapai apabila ada output yang bisa dimanfaatkan. Pola ini bisa diterapkan untuk kerangka kerja apapun,” ujar dosen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Unpad dalam kuliah tamu di Program Studi Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, kampus I, Senin (1/4/19).

Anang Muftiadi membeberkan, untuk membuat rencana, langkah-langkahnya dimulai dari input, process, output, dan goal. Ia pun berbagi pengalaman membangun sektor air bersih dengan penerapan kerangka kerja logis. Goal-nya adalah penduduk yang sehat dan produktif, sedangkan output-nya adalah air bersih. Prosesnya dengan membangun instalasi (intake, pengelolaan, distribusi), memproduksi, dan mengelola. Imput-nya dari air baku, listrik, bahan kimia, bahan bangunan, pompa, dan pipa, SDM serta biaya operasional.

“Pada prosesnya, diantara output dan goal terdapat outcome yang akan mempengarui benefit, dan impact. Dalam pendekatan sistem ada yang bisa dikontrol oleh organisasi, dan ada faktor eksternal yang tidak bisa dikendalikan oleh organisasi. Input sampai output bisa dimonitoring, namun mulai outcome harus dievaluasi,” jelasnya.

Dosen yang pernah mengajar di PWK ITN Malang tahun 1995-1997 ini juga menjelaskan mengenai spektrum pemanfaatan logical framework. Ada empat kuadran yakni, public sector, private sector, empiric, dan academic. “Kalau anda-anda sekalian sukses studi dan melanjutkan ke S-2, maka stimulan akan memperkaya karena kalian mempunyai frame. LFA ini bisa menjadi alat untuk menentukan bagaimana berfikir logis dalam konteks akademis,” tegasnya. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023