Wakil Wali Kota Malang: Mahasiswa Harus Jadi Pioneer Pemberantasan Narkoba

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, berharap mahasiswa sebagai generasi intelektual bisa menjadi pioneer pemberantasan narkoba di Kota Malang. Mengingat perkembangan penyalahgunaan narkoba sekarang ini sudah sangat luar biasa. Bahkan, bahan baku narkoba peredarannya sudah bisa ditemukan di pasaran. Selain penyalahgunaan narkoba membahayakan terhadap perkembangan generasi bangsa, pelakunya otomatis juga melanggar hukum.

“Mahasiswa bisa menjadi pioneer di tengah-tengah generasi muda di Kota Malang, dengan bersama-sama pihak kepolisian, Kodim, BNN, pemerintahan daerah, dan perguruan tinggi. Kita bersama-sama mencegah, memberantas penyalahgunaan narkoba,” kata walikota yang akrab disapa Bung Edi ini saat menghadiri BNN Goes To Campus, sosialisasi narkoba di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Senin (18/03/19).

Kegiatan ini dilakukan marathon dari kampus ke kampus yang ada di Kota Malang. Sosialisasi penyalahgunaan narkoba menyangkut perundang-undangan yang berkaitan dengan ancaman hukuman, sampai dengan bahaya narkoba itu sendiri. Memang tidak bisa sendiri-sendiri bekerja, elemen pemerintahan dan masyarakat termasuk juga perguruan tinggi harus bersatu dalam menyelamatkan generasi muda.

“Untuk bisa memberantas dan mencegah (penyalahgunaan narkoba) harus bersama-sama. Pemerintah ikut memfasilitasi itu semua. Tugas pemerintah melayani, mempersiapkan bagaimana generasi muda menuju ke masa depan,” imbuh pria kelahiran Malang ini.

Gerakan Masyarakat yang masif di Kota Malang menurutnya adalah solusi paling ampuh untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba. Pioneer-pioneer dan agen-agen penanggulangan narkoba yang tersebar di masyarakat merupakan sumber informasi, sumber keamanan bagi aparat BNN dan pemerintah. “Kita jadikan masyarakat sebagai kekuatan semesta yang membantu tugas BNN secara umum,” lanjutnya. Menurutnya, akan sia-sia belaka, jika apa yang dilakukan pemerintah dengan susah payah pada bidang pendidikan, kesehatan, tapi di sisi lain masalah narkoba tidak bisa teratasi.

 

Wakil Wali Kota Malang: Mahasiswa Harus Jadi Pioneer Pemberantasan Narkoba

Wakil Wali Kota Malang: Mahasiswa Harus Jadi Pioneer Pemberantasan Narkoba

 

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas terselenggarakannya acara ini di ITN Malang,” kata Bung Edi. Menutup rangkaian acara sosialisasi ‘Young Muda, Youg Style, Lawan Narkoba’, juga dilakukan Deklarasi Anti Narkoba ITN Malang dengan ditandai penandatanganan di atas spanduk oleh undangan dan diikuti oleh seluruh peserta. (mer/humas)

 450 total views,  1 views today

image_pdfimage_print