Banjir Sentani Papua, Gugah Kepedulian Mahasiswa ITN Malang

Banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Sabtu (16/3/19) lalu menggugah kepedulian mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Bertempat di perempatan traffic light ITN Malang, Himpunan Mahasiswa Perencanaan dan Kota (HMPWK) melakukan aksi HMPWK Peduli bersama City Care.

“Penggalangan dana ini untuk membantu saudara-saudara kita di Sentani, Jayapura, yang terkena banjir bandang. Selain itu juga untuk membangkitkan kepedulian mahasiswa dan mahasiswa PWK ITN Malang khususnya,” terang Faozan Zamhari, salah satu pengurus HMPWK ITN Malang, Kamis (21/3/19).

BNPB menduga, banjir disebabkan karena tingginya intensitas hujan, serta rusaknya ekosistem di Gunung Cycloop, Jayapura, Papua. Menurut Faozan, kondisi lokasi yang terkena dampak banjir menelan korban jiwa lebih dari 100 orang. Rumah yang terendam banjir mencapai 211 rumah lebih, serta rusak berat 351 rumah. Hal ini menjadikan lebih dari 10.000 warga harus mengungsi.

“Semoga hasil dari penggalangan dana ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana. Selain itu, kedepannya semakin banyak mahasiswa yang peduli dan melakukan kegiatan serupa. Mengingat Indonesia terletak di daerah rawan bencana,” harap mahasiswa semester enam ini.

 

Banjir Sentani Papua, Gugah Kepedulian Mahasiswa ITN Malang

Banjir Sentani Papua, Gugah Kepedulian Mahasiswa ITN Malang

 

Hasil penggalangan dana selama dua hari Selasa-Rabu (19-22/3/19) ini berhasil mengumpulkan dana sebanyak 8,8 juta rupiah. Rencananya sumbangan akan didistribusikan ke IPMAJAYA, Organisasi Daerah (Orda) Provinsi Papua. “Kami berharap aksi ini bisa diikuti oleh himpunan atau organisasi mahasiswa lain. Bisa lewat pengggalangan dana, sumbangan logistik, atau lainnya. Bersama-sama kita saling meringankan beban saudara-saudara yang terkena bencana,” pungkas Faozan. (me/humas)

237 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini