Back

Manfaat Donor Darah yang Jarang Diketahui

Belum banyak masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya. Padahal selain membantu bagi yang membutuhkan, ternyata banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan pendonornya.

M Alfin Fikri, Ketua KSR PMI Unit Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengatakan, benefit yang didapat saat orang donor darah diantaranya, melancarkan sirkulasi darah, pembentukan produksi sel darah merah, mendeteksi penyakit. “Orang kelebihan berat badan justru bagus ikut donor, karena dapat menurunkan berat badan,” bebernya saat ditemui disela-sela kegiatan Civil Care 2019, di aula kampus I ITN Malang, Selasa (12/3/19).

Untuk menjadi pendonor syaratnya juga mudah. Calon pendonor hanya perlu tidur cukup, makan teratur, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan atau tidak sedang sakit. Bagi wanita tidak sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Serta minimal berat badan 50 kg.

Menurut mahasiswa Teknik Sipil ini, persyaratan berat badan tiap unit PMI berbeda-beda. Untuk PMI Kota Malang minimal 50 kg, ini disesuaikan dengan ukuran kantong darah bervolume 350 cc. Beda lagi dengan Kabupaten Malang, yang mensyaratkan berat minimal masih 45 kg. “Idealnya donor darah tiga bulan sekali, selain benefit kesehatan pendonor nantinya juga akan mendapat achievement dari pemerintah. Sebagai penghargaan dan ucapan terimakasih,” katanya.

Sebagai penghargaan terhadap donor darah sukarela (DDS), PMI memberikan penghargaan berupa piagam kepada DDS yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali, dan 100 kali. “10 dan 25 kali mendapat piagam penghargaan dari PMI, 50 kali dari wali kota, 75 kali dari gubernur dan 100 kali langsung dari presiden,” tambahnya.

Hal ini dibenarkan oleh Rafi petugas medis dari PMI Kota Malang. Bahkan sebagai apresiasi PMI Kota Malang akan memberikan potongan bahkan gratis bagi pendonor atau keluarga pendonor saat membutuhkan donor darah. “Tentu dengan persyaratan yang sudah diatur oleh Unit PMI Kota Malang. Masing-masing unit PMI berbeda dalam kebijakan,” jelasnya. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023