Mahasiswa ITN Malang Pahami Cara Kerja Vending Machine dan PLTU

Vending machine bisa kita jumpai di tempat-tempat keramaian. Mesin penjual barang otomatis ini biasanya terpasang di bengkel, rumah sakit, toko, perkantoran, dan tempat keramaian lainnya. Selain praktis, keuntungan penggunaan vending machine bisa beroperasi 24 jam. Kepraktisan ini yang kemudian menjadikan vending machine di butuhkan baik oleh penjual maupun pembeli.

Membuat alat vending machine perlu teknik khusus, dan inilah yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Elektro S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Sebanyak 49 mahasiswa ITN mengunjungi PT Fuji Metec Semarang, pada awal Februari 2019 kemarin. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi vending machine. Para peserta Study Excursie (SE) ITN diberi penjelasan mengenai penerapan vending machine, bagian-baigiannya, serta diajari pula cara penggunaan vending machine.

”Kami diberi kesempatan untuk menggunakan vending machine. Sebelumnya kami juga berkeliling dengan tour guide dari Fuji Metec untuk melihat proses produksi mesin,” ujar Muhammad Iqbal, ketua pelaksana SE Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) S-1 ITN Malang, beberapa waktu lalu.

Selain mengunjungi PT Fuji Metec, kegiatan pengenalan dunia industri ini sebelumnya juga mengunjungi PLTU Tanjung Jati B Jepara. Di sini Iqbal biasa disapa merasa berkesan, pasalnya peserta SE sempat berkeliling dan dijelaskan proses pembangkit listrik dan pendistribusiannya. “Hal yang paling berkesan kalau menurut saya adalah saat di PLTU, karena disana saya jadi tahu bagaimana proses pembangkitan listrik dan pendistribusiannya,” terang mahasiswa semester empat ini.

 

Mahasiswa ITN Malang Pahami Cara Kerja Vending Machine dan PLTU

Mahasiswa ITN Malang Pahami Cara Kerja Vending Machine dan PLTU

 

Menurut Iqbal, kedua tempat tersebut dikunjungi karena kegiatan SE memang ditujukan untuk mengetahui dan mencari gambaran tentang dunia industri. “Kami dari jurusan elektro, maka kami pilih tujuan (perusahaan) yang ada kaitannya dengan dunia elektro. Harapannya semoga mahasiswa ITN khususnya Teknik Elektro semakin mengetahui seluk-beluk dunia industri dan lebih siap terjun ke dunia kerja,” harapnya. Di sela-sela kunjungan SE kali ini diselingi dengan wisata ke Lawangsewu dan Sam Po Kong Semarang. (mer/humas)