Sinergi Mata Kuliah dan Kenyataan Lapang, Teknik Industri S-1 Kunjungi Tujuh Lokasi Perusahaan

Perjalanan ke Surabaya, Bandung, dan Jogja, menjadi cerita tersendiri bagi 47 mahasiswa Teknik Industri S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Pasalnya yang mereka kunjungi adalah PT Campina Ice Cream Surabaya, UPK PPUMKMP Pologadung (Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Serta Permukiman Pulogadung) dan Stasiun TV Trans 7 Jakarta, PT Pindad Indonesia dan PT Eigerindo Bandung, serta Home Industri Omah Oblong dan Jogja T-shirt di Yogyakarta, Senin-Jumat (4-8/02/19).

Made Basu Wiswagupta, ketua pelaksana Study Excursie (SE) dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) S-1 mengatakan, merupakan program kerja himpunan untuk memfasilitasi mahasiswa melihat langsung kenyataan di lapang/perusahaan dengan teori yang sudah didapat di perkuliahan. “Mahasiswa nantinya akan terjun ke lapangan, ke perusahaan, maka kegiatan ini untuk menambah wawasan (mahasiswa) di dunia kerja, sekaligus untuk liburan setelah ujian semester,” ujar mahasiswa semester 5 ini.

 

Sinergi Mata Kuliah dan Kenyataan Lapang, Teknik Industri S-1 Kunjungi Tujuh Lokasi Perusahaan

Sinergi Mata Kuliah dan Kenyataan Lapang, Teknik Industri S-1 Kunjungi Tujuh Lokasi Perusahaan

 

Jadi tidak salah bila HMTI S-1 memilih lokasi tersebut, karena semua proses kegiatan dan produksi di ketujuh lokasi yang dituju sangat berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari di Teknik Industri ITN Malang. “Kami melihat proses pembuatan suatu produk secara langsung di perusahaan-perusahaan tersebut, bahkan ditemani langsung oleh manager produksinya. Kami juga mengadakan QnA (Questions and Answer) langsung dengan karyawan pihak perusahaan yang bersangkutan,” beber Basu biasa disapa.

Mahasiswa asal Buleleng Bali ini berharap, mahasiswa yang sudah mengikuti SE kedepannya lebih memahami dan mensinergikan ilmu Teknik Industri yang didapat selama kuliah dengan dunia kerja. (me/humas)

13 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini