Siswa SMK/SMA se-Malang Raya Jadi Juri di ITN Malang

Sebanyak 40 siswa SMK/SMA se-Malang Raya menjadi juri dalam gelaran open house Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mereka tidak sedang menilai desain teknik, namun para siswa ini bertugas menilai 27 produk berbahan dasar spirulina karya mahasiswa.

“Anak-anak (siswa SMK/SMA) diminta menilai produk-produk yang layak jual serta bagaimana saran dan perbaikan untuk produk tersebut. Bisa mengenai kemasan maupun resep yang berkaitan dengan rasa,” terang Dra. Siswi Astuti, M.Pd., dosen Teknik Kimia, Sabtu (28/4).

Untuk itu panitia sudah menyiapkan form penilain yang akan diisi oleh masing-masing siswa. Penilaian terdiri dari rasa, tampilan, kemasan, harga, kerapian, dan peluang usaha dari produk tersebut. Namun, tentu saja para siswa ini terlebih dahulu akan mencicipi produk makanan dan mencoba produk kosmetik yang dipamerkan.

“Setelah dinilai dan layak jual maka akan kami kembangkan dan akan dijual. Sekarang ini lab kimia selain menjual kecap ikan dan permen wolly juga menjual produk dari bahan spirulina. Nah, ditambah produk mahasiswa, nanti akan lebih banyak varian,” beber dosen mata kuliah perancangan produk ini.

Open house yang dikemas dengan tema pameran produk ini memang menampilkan karya mahasiswa Teknik Kimia semester enam. Tahun ini yang diangkat adalah produk berbahan dasar spirulina. “Tiap tahun bahan dasarnya berbeda-beda. Sekarang khusus produk spirulina,” tambahnya. (mer/humas)

 242 total views,  1 views today

image_pdfimage_print