Rektor ITN Malang Mewisuda 357 Lulusan, Ingatkan Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi

Rektor Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., mengukuhkan 357 wisudawan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Terdiri dari 5 lulusan Pascasarjana S-2, 235 lulusan S-1 Fakultas Teknologi Industri, 105 lulusan S-1 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan 24 lulusan D-3 Fakultas Teknologi Industri. Wisuda ke-59 Periode I Tahun 2018 ini digelar di Kampus II ITN Malang, Sabtu (10/3).

Dalam sambutannya Rektor ITN Malang mengatakan, banyak tantangan yang akan dihadapi oleh alumni setelah terjun ke masyarakat. Perkembangan teknologi informasi (IT) menjadi tantangan yang nyata bagi lulusan kampus berbasis teknologi ini. “Lulusan kampus teknologi harus kreatif untuk bisa bersaing dengan para alumni kampus lain, untuk menjawab permasalah yang timbul di masyarakat,” tegasnya.

Rektor ITN Malang Mewisuda 357 Lulusan, Ingatkan Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi

Rektor ITN Malang Mewisuda 357 Lulusan, Ingatkan Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi

Rektor mengingatkan, teknologi informasi yang cepat berubah juga turut mengubah perilaku masyarakat. Ini terlihat dari perubahan gaya berbelanja masyarakat, yang dulunya untuk belanja harus datang langsung ke toko sekarang sudah dikendalikan melalui handphone. Begitu juga dalam hal memesan makanan, taksi dan lainnya.

Tidak hanya perilaku orang dewasa yang berubah, kemajuan IT juga mengubah gaya bermain anak-anak. Mudahnya mengakses game melalui gadget mengakibatkan banyak anak kecanduan. “Jangan sampai kemajuan teknologi berimbas negatif pada masyarakat, dan inilah tantangan alumni ITN Malang. Bagaimana caranya bisa membuat aplikasi permainan yang positif untuk anak-anak. ITN punya jurusan Informatika, Elektro atau bisa juga berkolaborasi dengan jurusan lain untuk menjawab masalah seperti ini,” pesan pria asli Lombok ini.

Maka dari itu, rektor berharap para alumni ITN Malang harus kreatif dan inovatif, tidak hanya dalam bidang teknologi namun juga bisa kreatif di bidang lainnya. Seperti halnya ITS punya komedian Cak Lontong, maka ITN Malang juga punya Ari Kriting yang sukses dalam dunia entertainment. “Meski kalian alumni teknik, bukan berarti kalian tidak punya kesempatan untuk terjun ke dunia entertainment,” tutupnya disambut applause dari para wisudawan. (mer/humas)

 520 total views,  2 views today

image_pdfimage_print