Berakhirnya ramadhan berganti dengan Bulan Syawal merupakan momentum untuk saling maaf memaafkan. Bahkan tradisi halal bihalal tidak hanya untuk umat Islam saja namun untuk semua umat. Seperti halnya di ITN Malang, acara halal bihalal tidak hanya diikuti oleh warga muslim namun diikuti oleh semua sivitas akademika dari berbagai latar belakang agama baik dosen, karyawan, dan mahasiswa. Acara yang berlangsung di aula Kampus I ITN Malang ini dihadiri pula oleh Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN), Rukun Ibu ITN Malang dan pensiunan ITN Malang, Rabu (5/7).

Rektor ITN Malang Dr.Ir.Lalu Mulyadi MT., dalam sambutanyaa menyampaikan, ITN Malang yang multikultural, keberagaman agama dan suku bukan menjadi penghambat namun menjadi kekuatan untuk terus berkembang. Kebersamaan tersebut perlu dijaga dalam sebuah ikatan silaturahmi.
“Kita sebagai manusia harus menjaga hubungan secara vertikal dengan Tuhan dan horizontal dengan sesama manusia. Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri tanpa hubungan dengan orang lain. Maka mari kita hilangkan penyakit hati, bila ada rasa benci, iri hati, dendam, mari kita buang jauh-jauh,” pesannya.
Mengusung tema “Kemenangan untuk kebersamaan dalam keberagaman sebagai wujud rahmatan lil alamin”, halal bihalal ini merupakan rangkaian gema ramadhan. Diawali dari kegiatan buka dan tarawih bersama, pemberian santunan pada anak yatim, sholat Idhul Fitri dan ditutup dengan acara halal bihalal.
“Ini merupakan kegiatan rutin sebagai salah satu media silaturahmi dan saling memaafkan. Kalau kita berbuat dosa kita bisa minta ampunan pada Allah. Namun kalau kita berbuat dosa pada manusia, kita harus memohon maaf padanya. Tidak hanya pada waktu halal bihalal saja tapi alangkah baiknya disegerakan mungkin”, terang Muhammad Istnaeny Hudha, Ketua panitia.
Merupakan salah satu tradisi dalam kegiatan keagamaan di ITN Malang diadakan penggalangan dana. Dana tersebut akan dibagikan kepada yang membutuhkan yaitu, empat orang karyawan aktif dan dua orang pensiunan. Atmosfir halal bihalal semakin hangat dengan tampilan band Musik ITN Band (MIB) perform dosen dan karyawan ITN Malang. Acara halal bihalal diakhiri dengan berjabat tangan dan ramah-tamah. (mer/humas)

116 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini