Back

Momen Ditunggu-tunggu, LDI ITN Malang Gelar Semarak Ramadan dengan Berbagai Kegiatan

Anggota UKM LDI ITN Malang menyempatkan berbuka bersama di Musala Ad-Dakwah Kampus 1 ITN Malang. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Kegiatan Ramadan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Salah satunya oleh UKM Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Berbagai kegiatan menyambut Ramadan 1444 H dilakukan oleh sekitar 30 anggota UKM Kerohanian Islam ini. Mulai bagi takjil, sholat tarawih berjamaah dan Tadarus Al Qur’an, serta kajian rutin.

UKM LDI setiap hari selalu berperan serta menyiapkan takjil di Musala Ad-Dakwah kampus 1, dan Masjid Al-Kautsar yang berlokasi di Kampus 2 ITN Malang. Sementara, kajian rutin dilakukan setiap hari Senin di Masjid Al-Kautsar Kampus 2 bakda Asar, dan Tahsinul Qur’an setiap Jum’at di Musala Ad-Dakwah kampus 1 bakda zuhur. Untuk itu, ada jadwal khusus bagi pengurus dan anggota LDI saat bertugas di Musala Ad-Dakwah kampus 1 dan Masjid Al-Kautsar kampus 2.

Menurut Ketua UKM LDI ITN Malang, M. Ronal Hidayat, masing-masing kegiatan bertujuan untuk saling berbagi dengan sesama, khususnya kepada warga ITN Malang. LDI juga mengajak sivitas kampus biru untuk memperbanyak amalan-amalan di bulan suci dengan mengisi kegiatan-kegiatan positif berupa kajian dan khotmil Qur’an.

Baca juga : Tiga Mahasiswi ITN Malang Juara Favorit Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) Festival Cakrawala Qur’ani UNM 2021

“Harapan dari kegiatan ini supaya warga, khususnya ITN Malang tidak menyia-nyiakan hadirnya bulan yang penuh berkah ini dengan mengisi kegiatan-kegiatan positif. Serta, dengan adanya kegiatan ini LDI dapat bermanfaat dalam mewadahi hal-hal positif untuk warga ITN,” kata M. Ronal Hidayat saat dihubungi lewat sambungan Whatsapp.

Berbagi takjil kepada warga sekitar kampus menjadi momen bahagia bagi anggota UKM LDI ITN Malang. (Foto: Istimewa)

Bahkan peran serta memeriahkan Ramadan juga dilakukan oleh LDI dengan berpartisipasi di Masjid Muhajirin yang bertempat di lingkungan Sumbersari, Kota Malang. LDI mendelegasikan anggotanya untuk membantu membagikan takjil di masjid yang berdekatan dengan Kampus 1 ITN Malang ini. Peran serta LDI bersama-sama dengan Masjid Muhajirin nantinya juga akan berlanjut dengan mempersiapkan tempat untuk salat Idulfitri yang biasa diadakan di halaman Gedung Rektorat Kampus 1 ITN Malang.

“Semoga adanya temen-teman pengurus dan anggota LDI tidak hanya bermanfaat bagi lingkup ITN Malang, tetapi bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” harap mahasiswa teknik sipil ini.

Untuk menu buka yang dibagikan setiap hari, LDI menyiapkan sekitar 30-an takjil dan nasi kotak. Biasanya takjil berisi kurma, buah-buahan, dan makanan ringan. Untuk nasi kotak setiap harinya berganti menu. Khusus untuk hari minggu karena tidak ada yang berkegiatan di dalam kampus, maka LDI melaksanakan kegiatan bagi takjil dan nasi kotak untuk masyarakat yang membutuhkan di sepanjang jalan sekitar Kampus 1 ITN Malang.

Baca juga : Haul Akbar Himakpa Dihadiri Hampir 100 Peserta

Bahad Alwi, penanggung jawab kegiatan Semarak Ramadan LDI ITN Malang 2023 turut menjelaskan bahwa pada hari minggu kegiatan LDI turun langsung ke masyarakat untuk membagikan takjil gratis kepada warga dan pengendara motor yang melintas dekat Kampus 1 ITN Malang. Untuk menu takjil disiapkan sendiri oleh anggota LDI, mulai es buah hingga nasi kotak.

“Semua kami siapkan sendiri, meracik takjil, dan memasak makanan. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap anggota LDI semakin peka terhadap lingkungan. Menumbuhkan rasa cinta kasih, dan mendapat berkah Ramadan,” tutur Bahad Alwi. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023