Back

Sholat Idulfitri 1440 H, ITN Malang ke depan Rencana Tambah Fasilitas

Rektor ITN Malang, Dr,Ir. Kustamar, MT bersama sebagian masyarakat Sumbersari mengikuti sholat Idulfitri 1440 H, di halaman rektorat, kampus I ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)


Sholat Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah yang jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019 untuk Kelurahan Sumbersari sebagian dipusatkan di halaman Rektorat Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Jamaah yang mayoritas warga sekitar Kampus Biru ITN sudah mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Sedangkan sholat Idulfitri sendiri dimulai pukul 06.30 WIB.

Oleh karena itu satuan pengamanan (satpam) ITN Malang dan panitia gelaran sholat Idulfitri (Id) dari Masjid Muhajirin mengamankan area kampus I ITN dengan memblokir jalan depan kampus.

“Sholat Id dimulai pukul 06.30 WIB, makanya mulai pukul 06.00 WIB jalan depan kampus kami tutup dengan rambu-rambu sampai jamaah meninggalkan lokasi (shalat),” terang Waluyo, satpam ITN Malang yang turut mengamankan dan menjaga jalan di depan kampus.

Sementara itu demi tertibnya parkir, jamaah bisa memanfaatkan parkir motor mahasiswa, sedangkan untuk mobil di parkir di depan perpustakaan. Posisi strategis ITN Malang di pinggir jalan raya dan fasilitas parkir yang mewadahi menjadikan kampus yang beralamat di Jalan Sigura-gura No 2 ini menjadi langganan digelarnya sholat Idulfitri tiap tahunnya.

 

Jamaah wanita memadati depan gedung rektorat kampus I ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)
Jamaah wanita memadati depan gedung rektorat kampus I ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas)

 

Antusiasme masyarakat mengikuti sholat Idulfitri di ITN Malang mendapat perhatian dari Rektor ITN Malang Dr.Ir. Kustamar, MT yang mengikuti sholat di kampus beserta keluarga. Menurutnya, ITN setiap tahunnya selalu memberi fasilitas tempat sholat untuk warga sekitar. Meskipun warga ITN sendiri tidak terlibat langsung karena banyak yang mudik.

“Warga sekitar kampus antusiasnya luar biasa. Kedepannya nanti kami akan meningkatkan fasilitas, seperti terpal untuk alas sholat. Selama ini kan mereka masih menggunakan alas koran atau membawa tikar dari rumah,” kata rektor, berharap hubungan ITN Malang dengan masyarakat selalu harmonis, karena ITN juga bagian dari masyarakat. (mer/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023